KREATIVITAS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI FUNGSI KOMPOSISI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama : Eka Radianti Istiqomah
NIM : 19030174091
Program Studi : S1 Pendid ikan Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dr. Janet Trineke Manoy, M. Pd.
Manusia dalam melakukan kegiatan sehari–hari pasti tidak lepas dari aktivitas berpikir. Salah satu aktivitas berpikir adalah berpikir kreatif. Kreativitas merupakan suatu kapasitas dari seseorang ketika melakukan suatu aktivitas mental dalam pengelolaan informasi yang digunakan untuk pemecahan masalah dengan menghasilkan suatu solusi yang berbeda dan juga baru serta memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Mata pelajaran yang melatih siswa untuk berpikir kreatif salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Jenis soal yang terdapat dalam mata pelajaran matematika salah satunya adalah soal HOTS. Dalam penelitian ini, kemampuan matematika dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika sedang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMA dalam menyelesaikan soal HOTS materi fungsi komposisi ditinjau dari kemampuan matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini diambil dari SMA Negeri 1 Pacitan kelas XI MIPA 7. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan matematika, tes soal HOTS, dan metode wawancara. Analisis data menggunakan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Terdapat tiga siswa kurang kreatif, satu siswa kreatif, dan satu siswa sangat kreatif. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kreativitas yang berbeda-beda pula. Terdapat satu siswa tidak kreatif, 2 siswa yang kurang kreatif, dan 2 siswa yang kreatif.
Kata kunci: kreativitas, tingkat kemampuan berpikir kreatif, HOTS, kemampuan matematika.
THE CREATIVITY OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING HOST PROBLEM OF COMPOSITE FUNCTION IN TERMS OF MATHEMATICAL ABILITY
Name : Eka Radianti Istiqomah
Student Number : 19030174091
Study Program : Mathematics Education
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
University : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Janet Trineke Manoy, M. Pd.
Humans in their daily activities cannot be separated from thinking activities. One of the thinking activities is creative thinking. Creativity is a person's capacity when carrying out mental activities in managing information used to solve problems by producing different and new solutions and fulfilling indicators of fluency, flexibility and novelty. One of the subjects that trains students to think creatively is mathematics. One type of problem found in mathematics is HOTS problem. In this study, mathematical abilities were grouped into two, high and moderate mathematical abilities. The purpose of this study was to describe the creativity of high school students in solving HOTS problem on composite function in terms of mathematical abilities.
This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this study were taken from SMA Negeri 1 Pacitan class XI MIPA 7. Data collection techniques were carried out by mathematic abilities tests, HOTS test, and interview. Data were analized using indicators of creative thinking, namely fluency, flexibility, and novelty.
The result of this study indicate that groups of students with high mathematical abilities have different creativity. There are three students who are less creative, one creative student, and one very creative student. Students with moderate mathematical abilities have different creativity too. There are one student who is not creative, two students who are less creative, and two students who are creative.
Keywords: creativity, level of creative thinking ability, HOTS, mathematical ability.