Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Everyone
Is Teacher Here dengan media schoology
sebagai dasar untuk mengetahui seberapa besar perbedaan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar antara penerapan
model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan Project Base Learning dan seberapa besar
respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan bentuk
desain eksperimen.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen
Quasi Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Desigen Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik
jurusan Multi Media dan yang digunakan adalah dua kelompok belajar yaitu
kelompok kontrol yaitu kelas XMM2 dan kelompok eksperimen yaitu kelas XMM1.
Dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X
Multimedia di SMKN 1 Driyorejo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinkat
kelayakan media pembelajaran Schoology
termasuk dalam kategori sangat valid, hal tersebut dapat dilihat dari hasil
validasi yang menunjukkan hasil validasi dari aspek materi sebesar 90% , aspek
Ilustrasi sebesar 80% ,aspek kualitas dan tampilan 80% serta Daya Tarik sebesar
80%, sedangkan rata – rata hasil validasi media pembelajaran adalah sebesar
83,33%. Sedangkan hasil validasi perangkat model pembelajaran adalah sebesar
86,66% dengan hasil tersebut RPP yang telah divalidasi termasuk dalam kategori
sangat valid.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan
dengan uji Independent Two Sample T-Test menunjukkan
hasil 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 hal tersebut menunjukkan
bahwa Ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar
antara penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan Project Base Learning. Sedangkan pada hasil
perhitungan angket respon siswa dihasilkan oleh pengisian beberapa pertanyaan
yang dibuat oleh peneliti kepada siswa untuk mengetahui respon yang diberikan
siswa pada media pembelajaran berbasis schoology, Berdasarkan perhitungan yang
telah dilakukan peneliti setelah siswa mengisi angket respon tersebut hasil
yang diperoleh adalah sebesar 91,9% dimana dengan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran Schoology termasuk
dalam kategori positif sehingga media pembelajaran tersbut layak dan efektif
jika digunakan dalam pembelajaran Pemrograman Dasar.
Kata Kunci: Everyone is a
teacher here, Schoology, Pemrograman
dasar, Hasil Belajar, Respon Siswa