Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan layanan konseling kelompok rasional emotif perilaku untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas X MM di SMK N 1 Trowulan-Mojokerto. Penelitian ini dilatar belakangi oleh percaya diri siswa yang rendah saat ingin berpartisipasi dalam mengemukakan pendapatnya di dalam kelas sehingga menyebabkan keberhasilan proses pembelajaran terhambat. Pola komunikasi yang dilakukan dari satu arah menjadikan proses pembelajaran seperti tempat penyampaian informasi dimana guru lebih aktif sedangkan siswa pasif. Jenis atau desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dalam bentuk one group pre-test post-test dengan subyek 6 siswa yang memiliki percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket dengan 36 item pernyataan yang sudah di validasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diketahui nilai Z adalah -2,201a dan nilai signifikansi sebesar 0,028. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,028 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan yang signifikan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat setelah mendapat layanan konseling kelompok rasional emotif perilaku.
Kata Kunci : Percaya Diri, Konseling Kelompok, Rasional Emotif Perilaku
This research was conducted to know the effectiveness of counseling rational emotive behavior to improve students' condence at the tenth grade of multimedia in vocation high schoool 1 Trowulan-Mojokerto. This research was based on weak students' confidence when they wanted to give their ideas in a class. so, it caused the obstruction of learning process. This research design used pre-experimental design in one group test with 6 students as the subject that had weak confidence. The data collecting technique used questionnaire with 36 validated questions. The collection technique in the study used a questionnaire with 36 items that had been validated. The analysis technique used was non-parametric statistical analysis technique with Wilcoxon test. The Wilcoxon test results show that the Z value is -2.201a and a significance value of 0.028. If in the provisions of α (level of error) of 5% is 0.05 then 0.028 <0.05 so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning there is a significant increase in self-confidence in expressing opinions after receiving rational emotive behavior counseling.
Keyword : Confidence, Group Counseling, Rational Emotive Behaviour