Penerapan Sistem Antrian pada Pemesanan Menu di Foodcourt UNESA Ketintang Berbasis Website
Implementation of The Queue System in Website Based Menu Ordering at UNESA Ketintang Foodcourt
Kampus yang baik adalah kampus yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan seluruh civitas akademika. Infrastruktur atau fasilitas yang mendukung akan menjadikan aktivitas semakin fleksibel dan tertata pula, salah satu infrastruktur atau fasilitas yang penting bagi kenyaman akademika tetapi masih seringkali diabaikan yaitu fasilitas foodcourt.
Foodcourt menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena setiap periode perkuliahan sebuah kampus akan mengalami lonjakan mahasiswa baru, sehingga menjadikan penuh dan ramai serta mengalami antrian yang panjang yang menyebabkan kurang efektif dalam hal waktu dan kenyamanan.
Hal tersebut juga berimbas terhadap tingkat kenyamanan terhadap lingkungan terutama fasilitas yang tidak lain diakibatkan oleh tingkat kepuasan layanan. Terobosan dalam kaitanya meningkatkan infrastruktur digital serta kepuasan layanan, penulis menciptakan sistem antrian pada layanan pemesanan menu di foodcourt UNESA Ketintang berbasis website dengan beberapa fitur unggulannya.
Pada pengerjaan website ini menggunakan metode waterfall dimana pengerjaan dari sebuah sistem dilakukan secara linear atau berurutan.
Hasil dari website ini berupa sistem antrian untuk pemesanan menu di foodcourt UNESA Ketintang, dengan admin dapat melihat data stand, data user, data transaksi, data meja dan grafik penjualan. Penjual dapat mengelola data menu pada masing-masing stand, mengkonfirmasi pesanan, mulai dibuat hingga diterima oleh pembeli. Pembeli dapat melihat data stand, data menu, serta melakukan pemesanan. Hasil dari pengujian menggunakan blackbox, website sudah berjalan secara fungsional dan memberikan informasi sesuai dengan yang diharapkan, kemudian hasil dari pengujian whitebox testing sistem antrian pada pemesanan menu di foodcourt UNESA Ketintang termasuk CC 1 – 10 yaitu kategori low risk testable code dimana memiliki probability of bad fix sebesar 5% yang berarti strukturnya baik, prosedur stabil dan resiko rendah. Dan pengujian lighthouse mendapatkan hasil performa sebesar 87%, untuk aksebilitas sebesar 63%, Best Practice sebesar 96%, SEO sebesar 92%.
Kata kunci: Website, Foodcourt, Model Waterfall, Blackbox, Whitebox.
A good campus is one that can support the academic activities of all its members. Supporting infrastructure or facilities will make activities more flexible and organized. One important infrastructure or facility for academic comfort that is often overlooked is the food court facility.
The food court is something that needs attention because during each academic period, a campus experiences an influx of new students, making it crowded and bustling, with long queues that cause inefficiency in terms of time and comfort.
This also affects the level of comfort in the environment, especially facilities, which is ultimately caused by the level of service satisfaction. In an effort to improve digital infrastructure and service satisfaction, the author has created a queue system for menu ordering service at UNESA Ketintang food court based on a website with several outstanding features.
In the development of this website, the waterfall method was used, where the development of a system is carried out linearly or sequentially.
The result of this website is a queuing system for ordering menu items at the UNESA Ketintang food court. Administrators can view stand data, user data, transaction data, table data, and sales graphs. Sellers can manage menu data at each stand, confirm orders, and start making them until they are accepted by buyers. Buyers can view stand data, menu data, and place orders. The results of blackbox testing indicate that the website is functioning properly and provides the expected information. Additionally, the results of whitebox testing on the queuing system for ordering menu items at the UNESA Ketintang food court fall into CC 1 - 10 category, which is considered low-risk testable code, with a 5% probability of a bad fix, indicating good structure, stable procedures, and low risk. And the lighthouse testing obtained performance results of 87%, accessibility of 63%, Best Practice of 96%, and SEO of 92%.