Studi Literatur Efektifitas Media Interaktif Motion Graphic Dalam Pembelajaran
Literature Study of Efectiveness Motion Graphic Interactive Media in Learning
Tujuan dari penulisan artikel berikut ialah guna tahu akan 1) Konsep dari media pembelajaran motion Graphic; 2) Penerapan media pembelajaran motion graphic; 3) Hasil dari penerapan media pembelajaran motion graphic. Jenis penelitian artikel ini adalah studi literature dengan di dukung oleh penelitian-penelitian pendahulu yang membahas mengenai media pembelajaran motion graphic. Pengumpulan data terkait menggunakan diambil dari buku-buku, jurnal, dan seminar yang kemudian dibaca kemudian di kaji. Data yang telah di kaji kemudian di compare dengan data penelitian yang lainnya sehingga dapat di bandingkan masing-masing hasil penelitian tersebut. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penulisan artikel ilmiah menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran motion graphic merupakan media pembelajaran yang dipakai oleh tenaga pendidik guna melakukan penyampaian akan pesannya kepada peserta didik melalui animasi, power point, stop motion, video dan sebagainya. Sehingga pengalaman belajar melibatkan indra pengelihatan dan aktivitas fisik berupa praktek; 2) Penerapan media pembelajaran motion graphic dinyatakan efektif sebagai sarana pembelajaran yang di sampaikan guru, perihal berikut bisa diamati dari feed back serta interaksi selama pembelajaran berlangsung, 3) Penerapan media pembelajaran motion graphic dibuktikan bisa memberikan peningkatan pada hasil belajar peserta didik, perihal berikut bisa di lihat berdasarkan peningkatan nilai post test yang signifikan dibandingkan nilai pretest
The purpose of writing the following article is to know 1) the concept of motion graphic learning media; 2) Application of motion graphic learning media; 3) The results of the application of motion graphic learning media. The type of research in this article is a literature study supported by previous studies that discuss motion graphic learning media. The collection of related data is taken from books, journals, and seminars which are then read and then reviewed. The data that has been reviewed is then compared with other research data so that the results of each study can be compared. The data analysis technique used descriptive qualitative techniques. The results of writing scientific articles show that 1) Motion graphic learning media is a learning media used by educators to deliver messages to students through animation, power point, stop motion, video and so on. So that the learning experience involves the sense of sight and physical activity in the form of practice; 2) The application of motion graphic learning media is declared effective as a learning tool conveyed by the teacher, the following can be observed from the feedback and interactions during the learning process, 3) The application of motion graphic learning media is proven to be able to improve student learning outcomes. seen based on the significant increase in the post test value compared to the pretest value