PENGGUNAAN TONGKAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ORIENTASI DAN MOBILITAS TUNANETRA
THE USE OF STICK TO IMPROVE ORIENTATION AND MOBILITY SKILLS FOR BLIND
Keterampilan khusus tunanetra untuk mengenal suatu objek dan berpindah tempat disebut orientasi mobilitas. Tongkat merupakan salah satu alat bantu sebagai perpanjangan tangan yang dapat memudahkan orientasi mobilitas. Tunanetra membutuhkan alat bantu tongkat dalam melakukan orientasi mobilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan tongkat pada peningkatan keterampilan orientasi mobilitas tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature riview dengan mengkaji artikel nasional maupun internasional yang selaras dengan topik penelitian. Sumber data diperoleh dari artikel penelitian yang sesuai dengan topik bahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya kesiapan mental dan pemahaman penggunaan tongkat dalam orientasi dan mobilitas, menjadi sebab tunanetra tidak menggunakan tongkat. Dengan menggunakan tongkat, membantu tunanetra memaksimalkan kinerja indera selain penglihatan melalui pantulan bunyi dan getaran yang disalurkan oleh tongkat. Pengembangan tongkat mempermudah pemahaman tunanetra dalam melatih keterampilan orientasi dan mobilitas. Tongkat modifikasi yang dilengkapi dengan sensor mampu mengidentifikasi objek dan halangan yang ada di jalur jalan. Sehingga, tunanetra mampu menghindari rintangan pada jalur yang dilalui. Menggunakan tongkat, tunanetra dapat berjalan secara mandiri dan mengurangi kecenderungan terhadap orang lain. Keterampilan orientasi dan mobilitas tunanetra meningkat dengan menggunakan alat bantu tongkat.
Kata Kunci: Penggunaan Tongkat, Orientasi dan Mobilitas, Tunanetra
The special skill for blind to recognize an object and move from place to another is called mobility orientation. Sticks included as a device that assist the blind person to reach the object. Blind people need a stick to assist them while doing mobility orientation skills. The purpose of this research is about to explain of using stick as a device to improve mobility orientation skills. The sources and method used in this research is literature review by studying a national even an international journal that related to the topic. The results showed that the lack of mental readiness and understanding of the use of sticks in orientation and mobility was the reason the blind people did not use canes. By using a stick, it helps the visually impaired to maximize the performance of the senses other than sight through the reflection of sound and vibrations transmitted by the stick. The development of the cane makes it easier for the blind to understand in practicing orientation and mobility skills. Modified sticks equipped with sensors are able to identify objects and obstacles in the path. Thus, the blind are able to avoid obstacles in the path they are taking. Using a cane, the blind can walk independently and reduce their inclination towards others. Orientation skills and mobility of the visually impaired are improved by using a walking stick.
Keyword: The use of sticks, Mobility and Orientation, Blind