Perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini adalah kemampuan jalinan interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya. Pada anak usia 4-6 tahun, salah satu perkembangan sosial-emosional yang dicapai adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Art and Craft activities sebagai upaya pembelajaran kreatif dan inovatif di sekolah pada era revolusi pendidikan 4.0. Art and Craft activities dideskripsikan sebagai kegiatan yang mengembangkan aspek perkembangan sosial-emosional anak usia dini khususnya stimulasi kepercayaan diri pada anak mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kegiatan, hingga hasil karya yang dibuat oleh anak di TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Kota Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memotret bagaimana penggunaan Art and Craft activities di TKIT Al-Uswah untuk stimulasi kepercayaan diri pada anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi data. Data yang diperoleh berupa kata-kata dan gambar yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian peggunaan Art and Craft activities di TKIT Al-Uswah diberikan untuk menstimulasi kepercayaan diri anak usia 4-6 tahun. Melalui Art and Craft activities yang dideskripsikan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil karya menunjukkan kegiatan yang mampu menstimulasi kepercayaan diri anak di TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Kota Surabaya. Kegiatan yang menyenangkan dan eksploratif serta motivasi dari guru yang kreatif memberikan stimulasi yang baik untuk anak.
Kata kunci: Art and Craft activities, kepercayaan diri
Social-emotional development in early childhood is the ability of the interaction between children and the surrounding environment. In children aged 4-6 years, one of the social-emotional developments achieved is self-confidence. This study aims to describe the use of Art and Craft activities as an effort of creative and innovative learning in era of education revolution 4.0. Art and Craft activities are described as activities that develop aspects of early childhood social-emotional development, especially stimulation of self-confidence in children from planning, implementation, evaluation of activities, to the work created by children at TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah, Surabaya.
The research approach used is descriptive qualitative which aims to describe and photograph how to use Art and Craft activities at TKIT Al-Uswah to stimulate self-confidence in children. Data collection uses observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses models from Miles and Huberman ranging from collecting data, reduction data, display data, and verification. The data obtained are in the form of words and images that are analyzed descriptively.
The results of the research on the use of Art and Craft activities at TKIT Al-Uswah were given to stimulate the self-confidence of children aged 4-6 years. Through the Art and Craft activities described from planning, implementation, evaluation, and the results of the work showing activities that are able to stimulate children's confidence in TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Surabaya. Fun and explorative activities and motivations from creative teachers provide good stimulation for children.
Keywords: Art and Craft activities, self confidence