Bullying: Faktor Penyebab dan Penanganan
Bullying Causes and Treatment Factor
Abstrak
Bullying merupakan merupakan tindakan agresif, dilakukan secara berulang dalam bentuk verbal atau non verbal kepada individu yang dianggap lemah. Bullying dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh siswa sekolah menengah pertama, hal tersebut dapat dibuktikan melaui data tentang tindakan bullying di tingkat sekolah menengah pertama serta berbagai bentuk tindakan bullying. Pelaku bullying melakukan tindakannya didasari oleh faktor-faktor tertentu yang mendorong dirinya untuk melakukan hal tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji faktor penyebab siswa sekolah menengah pertama melakukan bullying serta penanganan yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, teknik pengumpulan data di dapatkan dari artikel nasional, internasional serta buku yang memiliki tema relevan dengan artikel yang akan dibahas. Terdapat dua aspek utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) faktor penyebab siswa sekolah menengah pertama melakukan bullying. 2) penanganan bullying yang dilakukan oleh guru bimbigan dan konseling. Berdasarkan hasil telaah pustaka didapatkan temuan bahwa keluarga sebagai faktor internal memegang peranan utama penyebab siswa sekolah menengah pertama melakukan bullying, diindikasikan dengan kekerasan verbal serta non verbal, pola asuh permisif, kurangnya komunikasi antara orangtua dan anak. Faktor individu dapat dilihat melalui rendahnya empati pelaku, self-control, serta sulit mengendalikan emosi. Faktor pengalaman buruk masa lalu, dimana dahulu pelaku pernah menjadi korban bullying. Faktor eksternal berupa; teman sebaya yang memberi pujian kepada pelaku, ajakan melakukan bullying, ingin bergabung dengan kelompok tertentu. Faktor lingkungan, dalam lingkungan sekolah terdapat bystander dan senioritas. Sedangkan di lingkungan sekitar tempat tinggal, terdapat kebiasaan bertutur dan bertindak kasar. Faktor media elektronik, berasal dari game online dan film. Penanganan yang dilakukan terdapat dalam bentuk preventif; bimbingan klasikal, kelompok serta kerjasama dengan semua elemen sekolah. Kuratif; konseling individu dan kelompok, sanksi, mediasi kunjungan rumah, dan konferensi kasus.
Kata Kunci: Faktor bullying, sekolah menengah pertama, penanganan
Abstract
Bullying is an aggressive action, done repeatedly in verbal or non-verbal form to individuals who are considered weak. Bullying can be done by anyone, including junior high school students, this can be proven through data about bullying at the junior high school level and various forms of bullying. The bully does his actions based on certain factors that encourage him to do this. This article aims to examine the factors that cause junior high school students to bully as well as the handling carried out by counseling guidance teachers. The research method used is a literature review, data collection techniques are obtained from national, international articles and books that have relevant themes to the articles to be discussed. There are two main aspects that are the focus of this study, namely 1) the factors that cause junior high school students to bully. 2) handling of bullying carried out by guidance and counseling teachers. Based on the results of the literature review, it was found that family as an internal factor plays a major role in causing junior high school students to bully, indicated by verbal and non-verbal violence, permissive parenting, lack of communication between parents and children. Individual factors can be seen through the perpetrator's low empathy, self-control, and difficulty controlling emotions. The factor of past bad experiences, where the perpetrator was previously the victim of bullying. External factors in the form of; peers who give praise to the perpetrator, invite them to bully, want to join a certain group. Environmental factors, in the school environment there are bystander and seniority. Meanwhile, in the neighborhood where you live, there is a habit of speaking and acting harshly. Electronic media factor, comes from online games and movies. The handling that is carried out is in the form of preventive measures; classical guidance, groups and cooperation with all elements of the school. Curative; individual and group counseling, sanctions, home visit mediation, and case conferences .
Keywords : Bullying factors, junior high school, handling