NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERKONTEKS COVID-19 DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
NUMERACY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING COVID-19 CONTEXT PROBLEM VIEWED FROM COGNITIVE STYLE
ABSTRAK
Yulanda, Risky Dwi. 2023. Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Konteks Covid-19 Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Program Studi S-2 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Kata-kata kunci: Numerasi, Covid-19, Gaya Kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang betujuan untuk mendeskripsikan numerasi siswa SMP dengan gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal berkonteks covid-19.
Subjek penelitian dipilih menggunakan Tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) dan TKM (Tes Kemampuan Matematika). Dipilih satu siswa dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif dengan kemampuan matematika yang setara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data berdasarkan ruang digunakan untuk menguji valid atau tidaknya temuan yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa numerasi siswa reflektif (TLR) dalam menyelesaikan soal berkonteks covid-19 pada aspek mengidentifikasi, siswa reflektif mengidentifikasi aspek matematika dari suatu masalah yang terletak dalam konteks dunia nyata pada soal secara detail dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam bentuk diagram pada soal dengan baik, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek menggunakan, siswa reflektif merancang dan menerapkan strategi (konsep/materi) statistika untuk menemukan solusi matematika dengan benar dan menggunakan berbagai angka atau simbol yang berhubungan dengan matematika dasar yaitu pengurangan, perkalian, persentase dengan benar, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek menginterpretasi, siswa reflektif menginterpretasikan hasil matematika kembali ke konteks dunia nyata dengan benar dan menginterpretasikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan mengambil keputusan dengan benar, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek mengomunikasikan, siswa reflektif mengomunikasikan keputusan yang diperoleh sesuai konteks berdasarkan hasil interpretasinya dengan benar dan menyatakan gagasan dalam berbagai bentuk baik lisan dan tulisan dengan perlahan namun lugas, dapat dilihat dari menjawab wawancara.
Numerasi siswa impulsif (TLI) dalam menyelesaikan soal berkonteks covid-19 pada aspek mengidentifikasi, siswa impulsif mengidentifikasi aspek matematika dari suatu masalah yang terletak dalam konteks kehidupan nyata pada soal dengan benar dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran pada soal dengan benar, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek menggunakan, siswa impulsif merancang dan menerapkan strategi (konsep/materi) statistika untuk menemukan solusi matematika dengan benar namun tidak menggunakan berbagai angka atau simbol yang berhubungan dengan matematika dasar yaitu pengurangan, perkalian, persentase dengan benar terlihat dari kesalahan dalam menghitung, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek menginterpretasi, siswa impulsif tidak menginterpretasikan hasil matematika kembali ke konteks dunia nyata dengan benar dan tidak menginterpretasikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan mengambil keputusan dengan benar, dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal. Pada aspek mengomunikasikan, siswa impulsif tidak mengomunikasikan keputusan yang diperoleh sesuai konteks berdasarkan hasil interpretasinya dengan benar dan menyatakan gagasan dalam berbagai bentuk baik lisan dan tulisan dengan ragu-ragu dan terbata-bata, dapat dilihat dari menjawab wawancara.
ABSTRACT
Yulanda, Risky Dwi. 2023. Numeracy of Junior High School Students in Solving Covid-19 Context Problem Viewed from Cognitive Style. Thesis, Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Education, University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Kata-kata kunci: Numeracy, Covid-19, Cognitive Style.
This research is a qualitative study that aims to describe the numeracy of junior high school students with reflective and impulsive cognitive styles in solving problems in context of covid-19.
The research subject were selected using MFFT (Matching Familiar Figure Test) and TKM (Mathematical Ability Test). Selected each of one student with a reflective cognitive style and one student with an impulsif cognitive style with equal mathematical ability. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusions. Data triangulation based on space is used to test the credibility of findings obtained.
The results showed that numeracy of reflective student (TLR) in solving questions in the context of covid-19 on the identify aspect, reflective student identify the mathematical aspects of a problem that is located in the real life context of the problem in detail and identifying the information presented in the form of a diagram in the problem can be seen from the results of the problem. In the aspect of use use, reflective student design and implementing statistical strategies (consepts/materials) to find mathematical solutions correctly and use various numers or symbols related to basic mathematics, namely subtraction, multiplication, percentages, can be seen from the results of the problem. In aspect of interpret, reflective student correctly interpret mathematical results back into the real life context and interpret the results of the analysis to make predictions and make decissions that are correctly seen from the results of the problem. In the aspect of communicate, reflective student communicate decisions obtained in context based on the results of their interpretation correctly and express ideas in various forms both orally and in writing slowly but straight forwardly can be seen form answering interviews.
Numeracy of impulsive student (TLI) in solving questions in the context of covid-19 on the identify aspect, impulsive student identify the mathematical aspects of a problem that is located in a real life context on the problem correctly and identifying the information presented in the form of diagram in the problem correctly can be seen from the resuls of the problem. In the aspect of use, impulsive student design and implementing stastical strategies (consepts/materials) to find mathematical solutions correctly but not using various numers or symbols related to basic mathematics, namely substraction, multiplication, percentages, can be seen from the results of problem. In the aspect of interpret, impulsive student do not correctly interpret mathematical results back to the real life context and do not interpret the results of analysis to make predictions and make decisions correctly, can be seen from the results of the problems. In the aspect of communicate, impulsive student do not communicating decisions obtained according to the context based on the results of their interpretation correctly and expressing ideas in various forms both orally and in writing with hesitation and stuttering can be seen from answering interviews.