KEEFEKTIFAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN MENYONTEK PESERTA DIDIK SMA SURABAYA
EFFECTIFENESS OF MOTIVATIONAL INTERVIEWING COUNSELING TECHNIQUE IN REDUCING CHEATING BEHAVIOR AMONG HIGH SCHOOL STUDENTS IN SURABAYA
Perilaku menyontek merupakan perbuatan tidak jujur dan curang dalam akademik. Fenomena ini sering terjadi dilingkungan sekolah, tentunya memberikan dampak buruk bagi peserta didik yang mempunyai kebiasaan menyontek. Dari fenomena yang ada mengenai kebiasaan perilaku menyontek, maka permasalahan ini penting untuk segera ditangani dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan teknik konseling motivational interviewing dalam menurunkan kebiasaan menyontek di kalangan peserta didik SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain single subject research (SSR) menggunakan model A-B-A-B. Subjek penelitian terdiri dari 3 peserta didik kelas X di SMA yang menunjukkan perilaku menyontek tinggi, berdasarkan pengamatan dari konselor, hasil wawancara serta hasil penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik konseling motivational interviewing efektif digunakan untuk memnurunkan kebiasaan menyontek peserta didik kelas X di SMAS Surabaya. Dapat dilihat dari adanya penurunan signifikan dalam durasi perilaku menyontek peserta didik pada fase baseline sebelum intervensi (A) dan setelah intervensi (A2). Nilai overlap pada setiap peserta didik adalah 0%, yang mengindikasikan efektivitas dari intervensi yang diberikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa teknik motivational interviewing efektif dalam menurunkan kebiasaan menyontek pada peserta didik SMA. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengeksprolasi efektivitas konseling motivational intervewing dengan memberikan panjang kondisi baseline dan intervensi lebih lama agar membantu mengurasi kebiasaan menyontek yang lebih kompleks.
Kata kunci : Perilaku menyontek, teknik motivational interviewing, single subject research (SSR).
Cheating behavior is an act of dishonesty and cheating in academics. This phenomenon often occurs in the school environment, of course it has a negative impact on students who have a habit of cheating. From the existing phenomenon regarding the habit of cheating behavior, this problem is important to be handled immediately. This study aims to examine the effectiveness of the application of motivational interviewing counseling techniques in reducing cheating habits among high school students. The method used in this study is quantitative with a single subject research (SSR) design using the A-B-A-B model. The research subjects consisted of 3 grade X students in high school who showed high cheating behavior, based on observations from counselors, interview results and questionnaire distribution results. The data obtained were analyzed using visual analysis in conditions and visual analysis between conditions. The results of the study indicate that the motivational interviewing counseling technique is effective in reducing the cheating habits of grade X students at SMAS Surabaya. It can be seen from the significant decrease in the duration of students' cheating behavior in the baseline phase before the intervention (A) and after the intervention (A2). The overlap value for each student is 0%, which indicates the effectiveness of the intervention given. Based on these findings, it can be concluded that the motivational interviewing technique is effective in reducing cheating habits in high school students. Suggestions for further researchers are to explore the effectiveness of motivational interviewing counseling by providing a longer baseline condition and intervention to help reduce more complex cheating habits.
Keywords: Cheating behavior, motivational interviewing techniques, single-subject research (SSR).