Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dengan data utama berupa kata-kata pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP RADEN RAHMAT SIDOARJO yang ditinjau dari 3 aspek yaitu: kemampuan mengenali, merangkai dan mengonstruk bangun datar segiempat. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP RADEN RAHMAT SIDOARJO Surabaya tahun ajaran 2018 – 2019 yang terdiri dari 3 siswa (kelompok atas, kelompok menengah, kelompok bawah).
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa abstraksi reflektif pada kelompok subjek atas, menengah dan bawah dalam mengonstruk hubungan antar segiempat telah melakukan empat level abstraksi reflektif yaitu: (1) Recognition; (2) Representation; (3) Structural Abstraction; (4) Structural Awareness; dalam melakukan proses mengenali, merangkai, dan mengonstruk hubungan antar segiempat. Persamaan dari ketiga subjek adalah sama-sama menggunakan atribut panjang sisi dari proses mengenali (dalam proses recognition, structural abstraction, structural awareness) dan merangkai (dalam proses representation) bangun datar segiempat.Perbedaan dari ketiga subjek adalah hasil akhir proses dari level abstraksi abstraksi reflektif dalam kegiatan mengontruk. Subjek kelompok atas dan kelompok bawah menyendirikan trapesium dari skema hubungan antar segiempat, karena tepat memiliki satu pasang sisi yang sejajar, sedangkan subjek kelompok menengah menyertakan bangun trapesium ke dalam skema hubungan antar segiempat karena memiliki ciri yang sama yaitu sisi yang sejajar.
Kata Kunci: Abstraksi Reflektif, Mengonstruk Hubungan Segiempat, Bangun Datar Segiempat.
This research is an explorative qualitative research with the main data in the form of words on quadrilateral material in class VII RAHMAT SIDOARJO RADEN Junior High School which is reviewed from 3 aspects, namely: the ability to recognize, assemble and construct a rectangular flat building.
The subjects in this study were class VII students of RADEN RAHMAT JuniorHigh School of the academic year 2018 - 2019 which consisted of 3 students (upper, middle, and lower group).
Based on the research that has been carried out, it is concluded that reflective abstraction of the upper, middle and lower subject groups in constructing inter-quadrilateral relations has carried out four levels of reflective abstraction namely: (1) Recognition; (2) Representation; (3) Structural Abstraction; (4) Structural Awareness; in carrying out the process of recognizing, assembling, and constructing relationships between squares. The equations of the three subjects are both using the side length attribute of the recognition process (in the process of recognition, structural abstraction, structural awareness) and in the process of representation to build a rectangular flat.The difference of the three subjects is the final result of the process of the level of reflective abstraction in the contracting activity. The subjects of the upper and lower groups set aside the trapezoid from the scheme of inter-rectangular relations, because it has exactly one pair of parallel sides, while the middle-class subject includes the trapezoidal construct into the quadrilateral relationship scheme because it has the same characteristic that is parallel.