Analisis Penggunaan E-learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Analysis Of E-learning Use, Intensity Of Training Questions, And Learning Motivation On Student Learning Outcomes
Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar belum dapat dilaksanakan secara maksimal karena pembelajaran tidak dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung menyebabkan menurunnya pengawasan guru terhadap kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran yang bersifat praktek sehingga strategi khusus perlu dikembangkan agar materi tetap dapat disampaikan dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-learning, intensitas latihan soal, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi keuangan pada siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan program aplikasi SPSS ver. 25 for window. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 114 siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Surabaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu dengan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan e-learning, intensitas latihan soal, dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktikum akuntansi keuangan siswa. Penggunaan e-learning dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktikum akuntansi keuangan siswa. Sedangkan intensitas soal latihan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar praktikum akuntansi keuangan siswa.
Kata Kunci: E-learning, Intensitas Latihan Soal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
The current COVID-19 pandemic has greatly affected the education system in Indonesia. Teaching and learning activities cannot be carried out optimally because learning is not carried out face-to-face directly causing a decrease in teacher supervision of learning activities, especially practical learning so that special strategies need to be developed so that the material can still be delivered and easy to understand. The purpose of this study was to analyze the effect of using e-learning, intensity of practice questions, and learning motivation on learning outcomes of financial accounting practicum in class XI AKL SMK Negeri 1 Surabaya. The type of research used is quantitative research. The data analysis technique used is multiple linear regression test with the help of the SPSS ver application program. 25 for windows. The population used in this study was 114 students of class XI AKL SMK Negeri 1 Surabaya with a sampling technique using a saturated sample technique, namely by making the entire population as a sample. Collecting data in this study using a questionnaire and documentation. The results of this study indicate that the use of e-learning, the intensity of practice questions, and learning motivation simultaneously have a significant effect on students' financial accounting practicum learning outcomes. The use of e-learning and learning motivation partially have a significant effect on students' financial accounting practicum learning outcomes. Meanwhile, the intensity of the practice questions partially has no significant effect on students' financial accounting practicum learning outcomes.
Keywords: E-learning, Intensity of Practice Questions, Learning Motivation, Learning Outcomes