STUDI DESKRIPTIF : KOMUNIKASI GURU PADA SISWA MULTIPLE DISABILITY VISUAL IMPAIRMENT (MDVI)–SPEKTRUM AUTIS
STUDY DESCRIPTIVE : TEACHER COMMUNICATION TO STUDENTS MULTIPLE DISABILITY VISIAL IMPAIRMENT (MDVI) – SPECTRUM AUTISM
Siswa Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)-Spektrum Autis sebagai salah satu bagian dari disabilitas majemuk tunanetra. Memiliki hambatan pada indera penglihatan disertai hambatan spektrum autis menyebabkan siswa mengalami gangguan komunikasi baik verbal maupun non verbal. Komunikasi siswa MDVI–Spektrum Autis sangat beragam. Guru kelas MDVI SLB A YPAB Surabaya memerlukan cara tersendiri untuk berkomunikasi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi guru pada siswa MDVI–Spektrum Autis di kelas dalam mencaritahu keinginan siswa, mengajak siswa dan memberikan perintah pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi pada guru kelas MDVI. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa guru menggunakan komunikasi interpersonal secara verbal dan non verbal untuk berkomunikasi dengan siswa MDVI–Spektrum Autis di kelasnya. Guru menggunakan komunikasi verbal jenis vokalisasi yang mengungkapkan suara dalam bentuk apapun. Hal tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa dalam mengungkapkan keinginannya dan memberikan ajakan kepada siswa. Sedangkan dalam memberikan perintah kepada siswa, guru menggunakan komunikasi verbal jenis vokalisasi dan komunikasi non verbal jenis objek benda yang dapat dijadikan lambang dalam rangka menyampaikan sesuai yang dipikirkan oleh siswa MDVI–Spektrum Autis. Guru juga menggunakan musik sebagai media komunikasinya sebagai sarana mengekspresikan diri siswa.
Kata Kunci: Komunikasi, guru, MDVI, spektrum autis
Students with Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)–Spectrum Autism is one of the multiple disabilities of the visually impaired. Having obstacles in the sense of sight accompanied by barriers to the spectrum autistism causes students to experience communication disorders both verbally and non-verbally. MDVI–Spectrum Autism student communicate in a variety of ways. The MDVI class teacher at SLB A YPAB Surabaya needs a separate way to communicate with students. The purpose of this study was to describe the implementation of teacher communication on MDVI–Spectrum Autism students in the classroom in finding out the wishes of students, inviting students and giving orders to students. This study uses a descriptive qualitative method with data collection techniques through interviews and observations of MDVI class teachers. The results obtained indicate that teachers use verbal and non-verbal interpersonal communication to communicate with MDVI– Spectrum Autism students in their class. The teacher uses verbal communication, a type of vocalization, that expresses sound in any form. It is used to communicate with students in expressing their wishes and giving invitations to students. Meanwhile, in giving orders to students, the teacher uses verbal communication types of vocalizations and non-verbal communication types of objects that can be used as symbols in order to convey what the MDVI- Spectrum Autism students think. Teachers also use music as a medium of communication as a means of expressing students' self.
Keywords: Communication, teacher, MDVI, spectrum autism