Abstrak
Hasil dari beberapa penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan abad 21 siswa sekolah menegah di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk pada sekolah menengah kejuruan. Kondisi tersebut di atas perlu perhatian khusus untuk dilakukan perbaikan-perbaikan pada strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan abad 21 yang meliputi kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan komunikasi dan kemampuan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan abad 21 siswa sekolah menengah kejuruan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan tes kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis uji independent sample t-tes untuk membedakan kemampuan abad 21 antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta menggunakan analisis ujin n-gain dan effect size untuk melihat efektifitas perlakuan yang diberikan terhadap kemampuan abad 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan abad 21 siswa yang meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi ditunjukkan dengan perbedaan hasil tes yang cukup signifikan. Selain hasil tersebut, terbukti juga bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mengbangkan kemampuan abad 21, sedangkan untuk besaran sumbangan efek model pembelajaran berdasarkan masalah mendapat hasil sedang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan komunikasi mendapatkan hasil tinggi pada kemampuan kolaborasi.
Kata Kunci: Problem based Learning, Kemampuan abad 21, Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
The results of several studies show that the level of 21st century ability of high school students in Indonesia is still relatively low, including in vocational high schools. The above conditions need special attention to make improvements to the learning strategy that can improve 21st century capabilities which include critical thinking, creative thinking, communication skill and collaboration skill. This study aims to develop a problem-based learning tool for developing 21st century abilities of vocational high school students. The research instruments used were learning tools that included syllabus, learning implementation plans, modules, and tests of critical thinking skills, creative, communication and collaboration. Data collection is done by tests and observations. Data analysis was carried out by analysis of the test of independent sample t-tests to distinguish 21st century abilities between students of the experimental class and the control class, as well as using test n-gain analysis and effect size to see the effectiveness of the treatment given to 21st century abilities. the problem-based learning model can improve 21st century abilities of students which include the ability to think critically, creatively, communication and collaboration shown by the significant difference in test results. In addition to these results, it is also evident that problem-based learning is effective for developing 21st century capabilities, while for the magnitude of the effect of the problem-based learning model the results are moderate to develop critical thinking skills, creative and communication get high results on collaboration skills.
Keywords: Problem based Learning, 21st Century Ability, Vocational High School