ABSTRAK
Archio
P.A, Otto. 2021. Pengaruh Terhadap Persepsi, Motivasi Dan Aktivitas
Mahasiswa Dalam Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Pada Prodi
Pendidikan Bahasa Inggris Unesa. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr.
Mustadji, M.Pd., dan (II) Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T .
Kata-kata
Kunci: Persepsi,
Motivasi, Pembelajaran, E-Learning.
Penelitian
ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi dalam
pembelajaran E- learning Bahasa Inggris terhadap hasil belajar, (2) Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dalam pembelajaran E- learning Bahasa
Inggris terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh
aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran E- learning Bahasa Inggris
terhadap hasil belajar, (4) Untuk mengetahui mana yang paling berpengaruh
persepsi, motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran E-
learning Bahasa Inggris terhadap hasil belajar.
Penelitian
yang berpendekatan model desain dalam penelitian menggunakan paradigma dengan
tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian ex-postfacto yang bersifat Korelasional. Subjek
yang digunakan adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNESA angkatan 2019 yang
berjumlah 89 mahasiswa sedangkan sampelnya adalah seluruh anggota populasi yang
diambil melalui teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala kemandirian belajar, skala motivasi berprestasi dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic
deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Data
penelitian ini berfokus pada pembelajaran e-learning prodi Pendidikan Bahasa
Inggris Unesa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif
untuk persepsi diperoleh nilai rata-rata 34,42 berada pada kategori tinggi dari
89 sampel diperoleh nilai minimum 19 dan nilai maksimum 41, untuk motivasi
diperoleh nilai rata-rata 51,55 berada pada kategori tinggi dari 89 sampel
diperoleh nilai minimum 46, nilai maksimum 57, untuk aktivitas mahasiswa
diperoleh nilai rata-rata 43,25 berada pada kategori tinggi dari 89 sampel
diperoleh nilai minimum 38, nilai maksimum 50 sedangkan untuk hasil belajar pembelajaran
e-learning diperoleh nilai rata-rata 84,55 berada pada kategori tinggi dari 89 sampel
diperoleh nilai minimum 70 dan nilai maksimum 98. Adapun hasil analisis
statistik inferensial (Regresi Linear Berganda) diperoleh Fhitung > Ftabel (2,854
> 2,710). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi, motivasi dan aktivitas
mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar e-learning.