Development of Learning Media Based on Articulate Storyline Software in the Subject of Electric Motorcycle Installation at SMK Diponegoro Ploso Jombang
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis Software Articulated Storyline yang layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media pembelajaran ini diperuntukan sebagai media pendamping proses belajar dalam memahami materi pembelajaran komponen pengendali instalasi motor listrik pada mata pelajaran Instalasi motor Listrik. penelitian ini menggunakan pengembangan R&D, dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evalutation. Subyek penelitian ini adalah 3 validator ahli, 2 guru dan 30 peserta didik kelas XI TITL SMK Diponegoro Ploso. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kelayakan media pembelajaran pada aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil rating yang didapat pada aspek kevalidan sebesar 95,06% dan dikategorikan sangat valid. Hasil rating yang didapat pada aspek kepraktisan sebesar 91,73% dan dikategorikan sangat praktis. Hasil rating yang didapat pada aspek keefektifan menggunakan uji stastistik Paired Sample T-test dan mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari hasil nilai tersebut mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Pretest dan Posttest pesrta didik. Dengan demikian media pembelajaran Software Articulated Storyline layak untuk digunakan sebagai media penunjang belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik.
This research aims to produce a feasible Articulated Storyline Software-based learning media based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. Media This learning is intended as a companion medium for the learning process in understanding the learning material for the control components of electric motor installations in the subject of Electric Motor Installation. This research uses R&D development, using the ADDIE model which has 5 stages, namely, Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation.The subjects of this study are 3 expert validators, 2 teachers and 30 students of class XI TITL SMK Diponegoro Ploso. The results of this study show the feasibility of learning media in terms of validity, practicality and effectiveness. The rating results obtained in the validity aspect were 95.06% and categorized as very valid. The rating results obtained in the practical aspect were 91.73% and categorized as very practical. The rating results obtained in the aspect of effectiveness used the Paired Sample T-test statistical test and obtained a Sig. (2-tailed) result of 0.000. From the results of these scores, a significance value of 0.000 < 0.05 is obtained, therefore, there is a significant difference in the learning outcomes of the Pretest and Posttest of the students. Thus, the Articulated Storyline Software learning media is feasible to be used as a learning support medium for students in improving learning outcomes in the subject of Electric Motor Installation.