ABSTRAK
PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
PENGOLAHAN MAKANAN MENU ALA-CARTE SECTION ASIA DI RESTAURANT 209 HOTEL VASA
SURABAYA
Nama
|
:
|
Alkisah
Nazilatul Riskiyah Finda Putri
|
NIM
|
:
|
20051437051
|
Program Studi
|
:
|
D4 Tata Boga
|
Fakultas
|
:
|
Vokasi
|
Nama Lembaga
|
:
|
Universitas Negeri Surabaya
|
Pembimbing
|
:
|
Dra. Niken Purwidiani, M.Pd.
|
Penerapan Standard Operating
Procedure (SOP) dalam pengolahan sangat penting untuk memastikan
konsistensi rasa, aroma, tekstur, dan tampilan yang sama. Restoran 209 di Hotel
Vasa menghadapi tantangan dalam menjaga konsistensi hidangan, khususnya Sup
Buntut yang sangat diminati oleh tamu. Ketidak konsistenan dalam hidangan sering terjadi karena variasi dalam interpretasi dan pelaksanaan prosedur oleh
staf. Maka sangat penting
menerapkan SOP dalam pengolahan makanan. Fokus penelitian ini, bertujuan untuk
mengetahui penerapan SOP pengolahan makanan menu Ala-carte Section Asia di
Restoran 209 Hotel Vasa Surabaya. Dalam
penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data-data
melalui wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian
yang diperoleh melalui wawancara dengan staf dapur, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan SOP pengolahan makanan di Restoran 209 Hotel Vasa Surabaya
diperlukan berbagai tahapan di dalam penanganannya, mulai dari menjaga
kebersihan diri (personal hygiene),
menjaga kerapian dan kebersihan lingkungan kerja, menyiapkan bahan-bahan yang
diperlukan, mengecek kualitas bahan makanan, mengolah makanan sesuai dengan standard recipe, mampu mengoperasikan
alat yang ada di dapur, dan melakukan pemantauan (control food) terhadap proses pemasakan. Terdapat beberapa SOP yang
belum sepenuhnya diimplementasikan oleh staf, seperti tidak mengikuti SOP yang
tepat dalam melakukan Thawing terhadap bahan yang akan digunakan. Untuk
menanggulangi hal ini, Hotel Vasa Surabaya memberikan pengarahan oleh executive chef mengenai pentingnya
melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP yang berlaku melalui kontrol dan
evaluasi secara rutin, sebagai pengingat agar staf tetap konsisten dalam bekerja.
Kata Kunci: Standard Operating Procedure,
Pengolahan Makanan, Ala-carte, Section Asia, Restoran 209.