Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (i) keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (ii) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (iii) respon peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMAN 1 Kamal Bangkalan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dengan menggunakan tiga kelas yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar peserta didik, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-berpasangan, analisis n-gain, analisis lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis lembar angket respon peserta didik. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa (i) keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Usaha dan Energi terlaksana dengan sangat baik (ii) pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan dengan rata-rata n-gain berkategori sedang (iii) respon peserta didik rata-rata dari ketiga kelas termasuk dalam kategori baik sekali.
Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar, Usaha dan Energi
This study aims to describe: (i) implementation of physics learning with NHT type of cooperative learning (ii) improvement of student learning outcomes by applying NHT type of cooperative learning (iii) student’s response to physics learning with NHT type of cooperative learning in Work and Energy topics in the class X in SMAN 1 Kamal Bangkalan. The design used in this study was one group pretest-posttest using three classes, this is experimental class, replication class 1 and replication class 2. The research instrument used were student learning outcomes test sheets, learning implementation observation sheets, anf students questionnaire response sheets. The data obtained were analized using paired t-test, n-gain analysis, analysis of learning implementation sheets, and analysis of questionnaire responses of students. From this research, the results showed that (i) the implementation of learning with NHT type of cooperative learning in Work and Energy was carried out very well (ii) learning physics with NHT type of cooperative learning can improve student learning outcomes significantly with the average n-gain in the medium category (iii) the responses of students on average from the three classes in included in the excellent category.
Keywords : Numbered Heads Together (NHT), learning outcomes, Work dan Energy