The Development of Scientific Literacy-Based Learning Cycle 7E Model Learning Device for Science in Junior High School to Improve Students' Scientific Literacy Skills
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis literasi sains model learning cycle 7E yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengadaptasi metode pengembangan 4D yang dimodifikasi. Ujicoba produk dilaksanakan di SMPN 2 Banjarmasin dan SMPN 5 Banjarmasin, dengan jumlah keseluruhan responden adalah 66 peserta didik yang berpartisipasi. Data validitas yang diperoleh dianalisis dengan teknik validitas menurut Aikens V, kemudian data kepraktisan dianaliis berdasarkan persentase keterlaksanaan, serta data keefektifan dianalisis menggunakan n-gain menurut Hake dan uji statistik T 2 sampel independen. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid berdasarkan penilaian para ahli; 2) perangkat yang dikembangkan praktis dengan rata-rata persentase keterlaksanaan setiap sintaks model pembelajaran learning cycle 7E >75%; 3) perangkat yang dikembangkan efektif berdasarkan rata-rata n-gain yang diperoleh kedua kelas ujicoba dengan kategori n-gain tinggi, dan tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan nilai n-gain literasi sains peserta didik kelas VII SMPN 2 dan VII SMPN 5.