Kode Dokumen :
0046/FMIPA-SAINS/2023
Penulis Utama :
Iftitah Nurin Handini
NIM Penulis Utama:
19030654024
Tahun :
2023
Judul ID :
Penerapan Model Pembelajaran Teams
Games Tournament d engan Media Permainan Monopoli I PA p ada Materi Sistem Ekskresi Manusia u ntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Judul EN :
Application of Teams Games
Tournament Learning Model with Science Monopoly Game Media on Human Excretory
System Material to Improve Student Learning Outcomes
Sumber :
UNESA -
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam -
Jurusan S1 Pendidikan Sains -
19030654024 -
2023
Jenis Dokumen :
Skripsi
Abstrak ID :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar,
keterlaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran Teams
Games Tournament dengan menggunakan media monopoli IPA. M odel yang
digunakan yaitu model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest - posttest
design . P enelitian
ini melibatkan 32 peserta didik kelas VIII-D di SMPN 15
Gresik. Teknik pengempulan data
menggunakan tes, observasi, dan angket. H asil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi dengan skor N-gain 0,63 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji t berpasangan dengan α = 0,05 diperoleh nilai
thitung > ttabel ( 17,031 > 2,0 395 ) , s ehingg a dalam penelitian
ini H0
ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun k eterlaksanaan
pembelajaran pada setiap pertemuan mendapatkan hasil yang sangat baik dengan
persentase pertemuan 1 sebesar 8 1 , 6 %, pertemuan
2 sebesar 97,6% dan pertemuan 3 mendapatkan 100%. Hasil dari angket r espon peserta didik mendapatkan respon positif
terhadap pembelajaran TGT dengan media monopoli IPA . Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Teams Games
Tournament dengan menggunakan
media monopoli IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem
ekskresi manusia.
Kata Kunci: Teams Games Tournament , monopoli IPA, Hasil belajar
Abstrak EN :
The purpose of this study is to describe learning outcomes, learning
implementation, and student responses to Teams Games Tournament learning using
science monopoly media. The model used is a pre-experimental design model with
a one group pretest-posttest design. This study involved 32 grade VIII-D
students at SMPN 15 Gresik. Data collection techniques use tests, observations,
and questionnaires. The results showed an increase in student learning outcomes
on excretory system material with an N-gain score of 0,63 which indicates the
medium category. The results of the hypothesis test using the paired t test
with α = 0.05 obtained tcount values > ttable (17.031 > 2.0395), so in
this study H0 was rejected and H1 was accepted, which
shows that there is a significant difference in the value of learning outcomes
before and after treatment. The implementation of learning at each meeting got
very good results with the percentage of meeting 1 at 81,6%, meeting 2 at 97,6%
and meeting 3 getting 100%. The results
of the student response questionnaire received a positive response to TGT
learning with science monopoly media. So it can be concluded that the
application of the Teams Games Tournament learning model using science monopoly
media can improve student learning outcomes on human excretory system material. Keywords: Teams Games Tournament , Science monopoly, Learning
outcomes