ABSTRAK
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA
PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI MATERI POKOK DATA AWAL PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 JATIREJO
– MOJOKERTO
Nama :
Fitriana Wahyu Santoso
NIM :
15010024049
Program Studi : Teknologi
Pendidikan
Jurusan :
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu
Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing :
Utari
Dewi, S.Sn,. M.Pd.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMKN 1
Jatirejo Mojokerto yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti ialah
kurangnya pemahaman siswa jurusan akuntansi mengenai materi data awal
perusahaan dagang. Hal tersebut dibuktikan melalui rekap nilai siswa tahun
sebelumnya dengan rata-rata kurang dari 78, yaitu dibawah standar yang dite t apkan oleh SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Dikarenakan
keterbatasan media pembelajaran yang tersedia di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto
serta karakteristik materi data awal perusahaan dagang yang bersifat prosedural
tersebut mengakibatkan siswa belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam
pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan mengenai masalah dan potensi yang
dilakukan oleh peneliti, maka dibutuhkan pengembangan media E-modul berbasis
android pada materi data awal perusahaan. E-modul berbasis android adalah media
pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran yang dapat dilakukan secara
mandiri oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi Smartphone android sebagai
sarana pengoperasiannya.
Tujuan dari pengembangan media E-modul berbasis
android adalah untuk menghasilkan produk E-modul berbasis android untuk mata
pelajaran komputer akuntansi materi pokok data awal perusahaan dagang serta
untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media E-modul terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi. Model pengembangan yang
digunakan adalah model pengembangan R&D oleh Sugiyono dengan subjek uji
coba kelas XI jurusan akuntansi SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Data dikumpulkan
melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen
kelayakan materi, intrumen kelayakan media, instrumen kelayakan bahan penyerta
media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas. Adapun
proses hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan rasio siswa hasil sebelum dan sesudah menggunakan media
E-modul berbasis android dan perbandingan antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen.
Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data
yang digunakan untuk memproses hasil uji kelayakan menggunakan skala penilaian
Linkert, untuk uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (80%) menunjukkan
kategori layak. Untuk uji kelayakan materi data awal perusahaan dagang (76%)
menunjukkan kategori layak. Uji kelayakan media E-modul berbasis android (83%)
menunjukkan kategori sangat layak. Uji kelayakan bahan penyerta media (90%)
menunjukkan kategori sangat layak. Media E-modul berbasis android dinyatakan
efektif berdasarkan perbandingan post-test
antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu
rata-rata kelas kontrol sebesar 10,12 sedangkan rata-rata kelas eksperimen
sebesar 21,48.
Kata kunci: Pengembangan, E-modul berbasis android,
hasil belajar