PENGARUH KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK BERPOLA AB-BA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK A TK IT UTSMAN BIN AFFAN LAKARSANTRI SURABAYA
ABSTRAK
Nama : Diyanah Maslikhatin Nikmah
NIM : 15010684065
Jurusan/Program : S1 PG PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Data pengambilan penelitian dilakukan pada anak kelompok A di TK IT Utsman Bin Affan yang dilatarbelakangi dari kemampuan berpikir logis anak kelompok masih kurang dan perlu dikembangkan.. Hal ini berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada 6 dan 11 Desember 2018 menunjukkan dari 22 anak sekitar 68% anak, yaitu 15 anak masih mengalami kesulitan dalam mengurutkan pola warna dan pola huruf yang ditentukan. Anak cenderung tidak mengikuti pola yang ditentukan oleh guru dan kesulitan menjawab kelanjutan huruf dari pola karena pengenalan konsep pola dilakukan di LKA saja. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan meronce berpola AB-BA terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok A TK IT Utsman Bin Affan.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasy eksperimental design dengan model none quivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah kelompok A di TK IT Utsman Bin Affan Lakarsantri yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 2 kelompok yaitu Al-Biruni sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 11 anak dan Ar-Razi sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu statistik non parametrik, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Statistik non parametrik yang digunakan yaitu uji Mann Whitney U-Test dengan rumus Uhitung<Utabel, maka hasil hasil penelitian ini pengaruh antar dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dibandingan dengan kelompok kontrol yang tiak mendapat perlakuan. Pengaruh kegiatan meronce berpola AB-BA terhadap kemampuen berpikir logis anak kelompok A TK IT Utsman Bin Affan pada kelompok eksperimen menunjukkan kenaikan skor sebesar 80 atau 66% hasil dari x 100% atau peningkatan skor rata-rata 7.3 poin dan kelompok kontrol mengalami kenaikan skor sebesar 38 atau 36.2% hasil dari x 100% atau peningkatan skor rata-rata sebesar 3.5 poin. Hal ini juga didukung dengan hasil analisis data menggunakan rumus mann whitney u test diperoleh harga U1=22 dan U2=97. Ini menunjukkan bahwa harga nilai U1 dari kelompok eksperimen lebih kecil daripada U2 dari kelompok kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Kegiatan Meronce Manik-manik, Kemampuan Berpikir Logis.
THE EFFECT OF MERONCE ACTIVITY WITH AB-BA PATTERN ON LOGICAL THINKING ABILITIES OF GROUP A CHILDREN TK IT UTSMAN BIN AFFAN LAKARSANTRI SURABAYA
ABSTRACT
Name : Diyanah Maslikhatin Nikmah
SIN : 15010684065
Department / Program : PG PAUD/ S1
Faculty : Faculty of Science Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Data retrieval of the study was conducted on group A children in TK IT Ustman Bin Affan who were motivated by the lack of logical thinking abilities of group children and needed to be developed. This was based on the results of observations conducted on December 6 and 11 2018 showing that 22 children were around 68% , that is, 15 children still have difficulty in sorting the color patterns and letter patterns specified. Children tend not to follow the pattern determined by the teacher and have difficulty answering the continuation of the letters of the pattern because the introduction of the concept of patterns is done in LKA only. The purpose of the study was to find out how much influence the meronce patterned AB-BA had on the logical thinking abilities of the TK IT group A Utsman Bin Affan children.
The method of this research is quantitative design with quasy experimental design with model none quivalent control group design. The subjects of this study were group A in TK IT Utsman Bin Affan Lakarsantri which amounted to 22 children, consisting of 2 groups namely Al-Biruni as an experimental group with 11 children and Ar Razi as a control group with 11 children. Data collection techniques used are observation and documentation. While the analysis technique used is non parametric statistics, because the data obtained is not normally distributed. The non parametric statistics used are the Mann Whitney U-Test test with the Uhitung formula <Utabel, so the results of this study influence between two variables.
The results showed that the experimental group that received treatment was compared with the control group that did not receive treatment. The influence of meronce patterned AB-BA on the ability of logical thinking children of group A TK IT Utsman Bin Affan in the experimental group showed an increase in score of 80 or 66% resulting from x 100% or an increase in average score of 7.3 points and the control group experienced a score increase of 38 or 36.2% of the results of x 100% or an increase in the average score of 3.5 points. This is also supported by the results of data analysis using the formula mann whitney u test, the prices of U1 = 22 and U2 = 97. This shows that the price of the U1 value of the experimental group is smaller than the U2 of the control group, so H0 is rejected and Ha is accepted.
Keywords: Beads Meronce Activity, Logical Thinking Ability.