Penelitian dilatarbelakangi kondisi dilapangan pada
waktu proses kegiatan pembelajaran Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan
dengan kompetensi EMS dimana dilakukan secara konvensional pada waktu praktek
dengan menggunakan engine stand tanpa media sehingga pemahaman peserta didik
masih kurang.
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan trainer simulator 4E FTE dan perangkatnya yang diintegrasikan dengan
model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM), pada Four D Models Kelayakan trainer simulator yang divalidasi meliputi: (1) aspek
pedagogik; (2) aspek konseptual dan; (3) aspek konseptual. Trainer simulator yang dikembangkan dapat meningkatkan
hasil belajar ranah kognitif, afektif
dan psikomotor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes hasil
belajar siswa. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan,
kepraktisan dan hasil belajar siswa yang mencakup hasil belajar ranah kognitif,
afektif dan psikomoto r .
Penelitian
menemukan: (1) tidak terjadi perbedaan signifikan h asil belajar ranah kognitif dengan menggunakan trainer simulator engine 4E FTE , dibanding hasil belajar dengan menggunakan engine stand dengan
nilai mean 82.36 , untuk kelas engine stand dengan nilai mean kognitif 80.55 ; (2)
hasil belajar ranah afektif bagi siswa yang dengan menggunakan trainer simulator engine 4E FTE , terdapat
perbedaaan signifikan dibanding siswa
yang belajar dengan menggunakan
engine stand , dengan nilai mean ranah afektif 85,64 , mean engine stand nilai afektif 84,62 , dan ;
(3) tidak terjadi perbedaan signifikan; antara model pembelajaran berdasarkan
masalah menggunakan tariner simulator engine 4E FTE d engan
engine stand terhadap hasil belajar siswa
psikomotor. Dengan nilai mean ranah psikomotor 79,39 sedangkan
nilai meannya psikomotor 78,64 .
Dalam penelitian ini ada keterbatasan yaitu dalam satu
kelas hanya ada satu alat trainer simulator dan engine stand yang dipakai pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga banyak siswa yang menanti giliran
untuk penggunaan alat ini. Peniliti yakin jika perbandingan alat trainer dengan
jumlah siswa yang sebanding akan meningkatkan kemampuan siswa.