Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Pendidikan Dasar dan Menengah
The Role of Teachers and Learning Strategies in the Application of 21st Century Skills in Primary and Secondary Education.
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan menelaah tentang peran guru dan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis kajian pustaka atau studi literatur. Kajian pustaka dilakukan dengan menelaah beberapa artikel nasional dan internasional sehingga mendapat data yang kemudian penulis analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari artikel ini adalah bahwa keterampilan abad 21 disebut juga 4Cyang meliputi berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi harus dikuasai peserta didik agar mampu menghadapi tantangan dan tuntutan zaman. Penanaman keterampilan abad 21 dapat dilakukan melalui pendidikan. Peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator harus dioptimalkan dan diintegrasikan dengan teknologi sehingga guru juga dituntut untuk aktif meningkatkan keterampilan digital. Penerapan pembelajaran berpusat kepada peserta didik dan penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran inkuiri yang menekankan pada permasalahan dunia nyata akan relevan dengan penguasaan keterampilan abad 21.
Kata Kunci: Keterampilan abad 21, Peran Guru, Strategi Pembelajaran
The purpose of writing this scientific article is to find out and examine the role of teachers and appropriate and appropriate learning strategies in the application of 21st century skills in primary and secondary education. This scientific article uses a research method with a qualitative approach to the type of literature review or literature study. The literature review was carried out by reviewing several national and international articles so that they obtained data which were then analyzed using content analysis techniques. The result of this article is that 21st century skills also called 4Cs, which include critical, creative, communication and collaboration thinking must be mastered by students in order to be able to face the challenges and demands of the times. The cultivation of 21st century skills can be done through education. The role of teachers as learning resources, facilitators, managers, demonstrators, mentors, motivators, and evaluators must be optimized and integrated with technology so that teachers are also required to actively improve digital skills. The application of student-centered learning and the use of project-based learning strategies, problem-based learning, and inquiry learning that emphasizes real-world problems will be relevant to mastery of 21st century skills.
Keywords: 21st century skills, role of teachers, learning strategies