Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah
The Strategy of Libraries in Increasing Students Reading Interest in School
Pentingnya minat baca bagi siswa adalah untuk menambah wawasan dalam diri siswa. Sekolah menyediakan wadah informasi dan koleksi buku yang bernama perpustakaan. Perpustakaan dikelola oleh serorang pustakawan, yang mana pustakawan tak hanya berperan sebagai petugas pinjam meminjam buku. Namun, pustakawan juga berperan untuk meningkatkan minat baca siswa disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan menggunakan analisis isi pada 20 artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 20 jurnal yang terdiri dari 10 nasional dan 10 artikel internasional. Peneliti menemukan 5 strategi yang digunakan oleh pustakawan dalam meningkatkan minat baca, yaitu: strategi motivasi, strategi promosi, strategi kerjasama, strategi sarana prasarana, dan strategi layanan.
The importance of interest in reading for students is to add insight in students. The school provides a container for information and a collection of books called a library. The library is managed by a librarian, where librarians do not only act as book lending and borrowing officers. However, librarians also play a role in increasing students interest in reading at school. The purpose of this study is to find out and analyze the strategies of librarians in increasing students interest in reading in schools. The method used in this study was a literature study and used content analysis on 20 articles. Data collection was carried out by collecting 20 journals consisting of 10 national and 10 international articles. Researchers found 5 strategies used by librarians in increasing interest in reading, namely: motivational strategies, promotion strategies, cooperation strategies, infrastructure strategies, and service strategies.