THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING AND PRODUCT DIVERSITY ON BUYING INTEREST IN SHOPEE E-COMMERCE USERS (Study On Margomulyo Village, Margomulyo District, Bojonegoro Regency)
Saat ini perkembangan teknologi dan internet memiliki pengaruh yang besar pada sektor pemasaran. Masyarakat mulai terbiasa dengan pemasaran digital yang dilakukan oleh penjual untuk memasarkan produknya. Keragaman produk yang dijual dengan pemasaran digital membuat masyarakat semakin tertarik sehingga muncul minat beli untuk berbelanja secara online.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari digital marketing dan keragaman produk terhadap minat beli pada pengguna aplikasi e-commerce Shopee studi pada masyarakat Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan responden berjumlah 91 orang yang memiliki dan menggunakan aplikasi e-commerce Shopee untuk berbelanja. Sumber data menggunakan data primer berupa kuesioner dengan skala likert. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 22 for windows dengan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel digital marketing dan keragaman produk terhadap minat beli.
Kata kunci: Digital Marketing; Keragaman Produk; Minat Beli
Today the development of technology and the internet has a great influence on the marketing sector. People are getting used to digital marketing carried out by sellers to market their products. The diversity of products sold with digital marketing makes people more interested so that there is interest in buying to online shop. The purpose of this study is to find out the impact of digital marketing and product diversity on buying interest in Shopee e-commerce application users study in the community of Margomulyo Village, Margomulyo District, Bojonegoro Regency. This type of research is quantitative descriptive with sampling using non probability sampling and sampling methods using accidental sampling techniques with a total of respondents 91 people who own and use the Shopee e-commerce application to shop. The data source uses primary data in the form of questionnaires with a likert scale. Data processing is carried out using IBM SPSS Statistics version 22 for windows application with multiple linear regression test analysis. The results of this study show that there is a positive and significant influence on digital marketing variables and product diversity on buying interest
Keywords: Digital Marketing; Product Diversity; Buying Interest