Lecturer’s Oral Feedback toward Sophomore College Students’ Speech Errors
Dosen atau guru dapat menemukan siswa yang membuat kesalahan bicara dengan mudah pada penampilan berbicara siswa. Salah satu cara untuk membantu siswa mengurangi kesalahan berbicara adalah melalui umpan balik lisan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kuliah memberikan umpan balik lisan untuk setiap jenis kesalahan bicara yang dilakukan siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen yang memberikan umpan balik lisan kepada mahasiswa tingkat dua di kelas berbicara akademik. Peneliti menggunakan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dosen menggunakan umpan balik deskriptif, umpan balik evaluatif dan umpan balik korektif sebagai umpan balik utama untuk tujuh jenis kesalahan bicara. Setiap jenis kesalahan bicara yang dibuat siswa mendapatkan umpan balik lisan khusus dari dosen. Setiap jenis umpan balik yang dilakukan oleh dosen memiliki tujuan mereka sendiri untuk membantu siswa mengurangi kesalahan bicara mereka.
Lecturers or teachers can find out students who made speech errors easily on the students’speaking performance. One of the ways to help the students reduce their speech errors is through oral feedback. This study was conducted to find out how the lecturer provided oral feedback to each type of speech errors that the students made. The researcher used qualitative research design. The subject of this study was the lecturer which gave oral feedback to the sophomore college students in Academic Speaking class. The researcher used observation as the data collection technique. The results of this study showed that the lecturer used descriptive feedback, evaluative feedback and corrective feedback as the main feedback for the seven types of speech errors. Each type of speech errors that the students made gets their specific oral feedback from the lecturer. Each type of feedback that the lecturer gave have their own purpose of helping the students to reduce their speech errors.