Pengembangan Media Big Book Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar
The Development Of Big Book Media On Learning science animal Life Cycle Material 4th Grade Elementary School
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai berakibat pada tingkat pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan media big book untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kevalidan media big book pada pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan di kelas IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo, (2) Bagaimana kepraktisan media big book pada pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan di kelas IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan validasi media dan materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media big book ini didapatkan melalui hasil validasi dan kepraktisan media big book yang diperoleh dari angket respon siswa. Hasil dari validasi media memperoleh presentase sebesar 85% yang berkategori sangat valid, sedangkan hasil dari validasi materi memperoleh presentase sebesar 90% yang berkategori sangat valid. Selanjutnya hasil kepraktisan diperoleh dari angket siswa sebesar memperoleh hasil presentase sebesar 90,09% menunjukkan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media big book materi siklus hidup hewan layak digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, media big book, siklus hidup hewan.
The lack of use of appropriate learning media results in the level of student understanding in understanding the learning material delivered by the teacher. Therefore, researchers developed a big book media to improve students' understanding of animal life cycle material in fourth grade elementary school students. The purpose of this study are: (1) to find out the validity of the big book media on learning science animal life cycle material in class IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo, (2) How is the practicality of big book media in learning science animal life cycle material in class IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo. This development research uses the ADDIE model. Data collection instruments using media and material validation and student response questionnaires. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. The results of this big book media research were obtained through the results of the validation and practicality of the big book media obtained from the student response questionnaire. The results of media validation get a percentage of 85% which is categorized as very valid, while the results of the validation of the material get a percentage of 90% which is categorized as very valid. Furthermore, the practicality results obtained from the student questionnaire for obtaining the results of a percentage of 90.09% showed a very practical category. It can be concluded that the development of big book media on animal life cycle material is appropriate to use.
Keywords: media development, big book media, animal life cycle.