PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MOTORIK MELALUI PERMAINAN SIRKUIT "RILO NGALE" PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pada jenjang sekolah dasar melalui permainan rilo ngale dan untuk mengetahui efektivitas belajar keterampilan motorik dan peningkatan motorik siswa terutama siswa jenjang sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan R&D dari Borg & Gall dengan sepuluh tahapan yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 31 siswa untuk uji coba kelompok lapangan.
Hasil dari validasi produk dari ahli motorik mendapatkan persentase 93% yang berarti VALID dan persentase dari ahli pendidikan jasmani mendapatkan persentase 86% yang berarti VALID. Hasil tes psikomotorik yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil terdapat 1 orang yang memperoleh rentang nilai 60-79% yang berarti (baik), dan terdapat 9 orang yang mendapatkan rentang nilai >80% yang berarti (sangat baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan mendapatkan perolehan sekitar 9 orang dengan rentang nilai 60-79 yang berarti (baik) dan terdapat 22 orang mendapatkan rentang nilai >80 yang berarti (sangat baik).
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran motorik melalui permainan sirkuit rilo ngale yang dihasilkan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran motorik pada siswa jenjang sekolah dasar. Permainan rilo ngale yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pelajaran guru, khususnya pada pembelajaran PJOK pada jenjang sekolah dasar
This study aims to develop a learning model at the elementary school level through the rilo ngale game and to determine the effectiveness of learning motor skills and improving students' motor skills, especially elementary school students. This development research uses R&D from Borg & Gall with ten stages carried out by researchers. This research was conducted using a sample of 10 students for small group trials and 31 students for field group trials.
The results of product validation from motorists get a percentage of 93% which means VALID and the percentage of physical education experts gets a percentage of 86% which means VALID. The results of the psychomotor tests carried out in the small group trial included 1 person who obtained a range of 60-79%, which was significant (good), and 9 people received a range of values > 80%, which was significant (very good). Whereas for the field trials, around 9 people obtained scores with a range of 60-79 which means (good) and 22 people got a range of values > 80 which means (very good).
It can be concluded that the development of a motor learning model through the resulting rilo ngale circuit game is effective and can be used in motor learning for elementary school students. The developed rilo ngale game can be used as teaching material for teachers, especially in PJOK learning at the elementary school level. The rilo ngale game developed can be used as teaching material for teachers, especially in PJOK learning at the elementary school level.