Buku ajar berbasis collaborative learning ini dikembangkan karena adanya kesulitan dari peserta didik kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Geger Kab.Madiun dalam memperoleh materi pada bahan ajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan serta respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis collaborative learning pada mata pelajaran akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Geger Kab.Madiun. model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan yang terbatas pada tahap develop. Instrumen penelitian ini meliputi lembar telaah para ahli dan lembar respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan dari buku ajar.
Hasil penelitian menunjukkan buku ajar memperoleh kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 93,80% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli grafis sebesar 97,14 dengan kriterian sangat layak, dan validasi ahli bahasa sebesar 94,46% dengan kriteria sangat layak. Dengan begitu, rata-rata kelayakan buku ajar sebesar 95,13% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut didukung oleh respon peserta didik sebesar 94,77% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka bukuu ajar berbasis collaborative learning yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
This collaborative learning-based textbook was developed because of the difficulties of AKL XI grade students at SMK Negeri 1 Geger in Madiun Regency in obtaining material on teaching material. This development research aims to determine the process of development, feasibility and student response to textbooks based on collaborative learning in accounting subjects of government institutions / institutions of the XI AKL class at SMK Negeri 1 Geger, Madiun Regency. the development model used is a 4-D model from Thiagarajan which is limited to the develop stage. The instruments of this study include the experts' study sheets and student response sheets to find out the feasibility of the textbooks.
The results showed the textbook obtained the feasibility of the results of the validation of material experts at 93.80% with very decent criteria, validation of graphic experts at 97.14 with very decent criteria, and validation of linguists at 94.46% with very decent criteria. That way, the average textbook eligibility is 95.13% with very decent criteria. This is supported by the response of students at 94.77% with very good criteria. Based on the results of the study, the collaborative learning-based textbooks developed is ready to use.