IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DI PKBM HOME SCHOOLING PENA SURABAYA PAKET B
IMPLEMENTATION OF THE ANDRAGOGY APPROACH TO ONLINE LEARNING AT PKBM HOME SCHOOLING PENA SURABAYA PACKAGE B
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji implementasi pendekatan andragogi dalam pembelajaran daring di PKBM Homeschooling Pena Surabaya. Survei ini merupakan survei kualitatif terhadap siswa di PKBM Homeschooling Pena Surabaya. Siswa PKBM Homeschooling Pena Surabaya diberikan tes pemecahan masalah, setelah itu siswa dikelompokkan berdasarkan pencapaian indikator berpikir kreatif pada level berpikir kreatif. Target dipilih dengan target sampling atau target sampling. Selanjutnya, mengidentifikasi karakteristik subjek pada setiap tahap berpikir kreatif. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan pada setiap tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelas peserta mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan di PKBM Homescholing Pena Surabaya. Setelah itu, sebelas peserta dibagi menjadi empat kelompok setiap minggunya, dua kelompok dipimpin oleh penulis dan dua kelompok lainnya dipimpin oleh magang penulis. Dalam hal ini, penulis mencoba menerapkan prinsip Andragogi dalam proses pembelajaran di PKBM Homescholing Pena Surabaya. Sistem pendekatan ini dipilih karena mereka sebenarnya adalah remaja dewasa dengan usia rata-rata. Dalam aplikasi ini, sistem pendekatan ini dapat digunakan sebagai alternatif dari prinsip-prinsip pembelajaran di PKBM Homescholing PenaSurabaya. Hasil ini menerangkan bahwa setiap subjek yang dipilih memiliki karakter yang berbeda-beda pada masing-masing tingkatannya. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dari satu tingkat ke tingkat yang lebih tinggi. Peneliti memberikan saran kepada tutor untuk menggunakan pendekatan andragogi dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: Andragogi, Pembelajaran Daring
The purpose of this study was to examine the implementation of the andragogy approach in online learning at PKBM Homeschooling Pena Surabaya. This survey is a qualitative survey of students at PKBM Homeschooling Pena Surabaya. PKBM Homeschooling Pena Surabaya students were given a problem-solving test, after which students were grouped based on the achievement of creative thinking indicators at the creative thinking level. Target is selected by sampling target or sampling target. Next, identify the characteristics of the subject at each stage of creative thinking. Data validation was done by method triangulation and source triangulation. Data analysis was carried out at each stage of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that eleven participants participated in the teaching and learning process carried out at PKBM Homescholing Pena Surabaya. After that, the eleven participants were divided into four groups each week, two groups led by the author and the other two groups led by the writer's apprentice. In this case, the author tries to apply the principles of Andragogy in the learning process at PKBM Homescholing Pena Surabaya. This approach system was chosen because they are actually young adults with an average age. In this application, this approach system can be used as an alternative to the principles of learning at PKBM Homescholing Pena Surabaya. These results explain that each selected subject has a different character at each level. Students' creative thinking ability can be improved from one level to a higher level. The researcher gives advice to tutors to use an andragogy approach in online learning to improve students' creative thinking skills.
Keywords: Andragogy, Online Learning