ANALYSIS DAMAGE OF A ROAD AND PLANNING OVERLAY USE COMPONENT ANALYSIS METHOD OF BINA MARGA 1987 AT USMAN SADAR STREET GRESIK REGENCY EAST JAVA PROVINCI
Jalan merupakan prasarana transportasi darat dan memegang peranan penting di bidang transportasi. Kondisi jalan yang baik dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial ekonomi. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada Jalan Usman Sadar dan menghitung perencanaan lapis tambahan (overlay) untuk 20 tahun kedepan. Metode yang digunakan dalam perencaan ini adalah metode Analisa Komponen Bina Marga 1987. Data yang digunakan dalam perencanaan ini berupa data LHR yang diperoleh dari Dinas Perhubungan, data CBR dan eksisting perkerasan yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, data curah hujan yang diperoleh dari website BPS Kabupaten Gresik, serta peninjauan langsung dilapangan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi di lapangan. Berdasarkan data-data yang diperoleh, Jalan Usman Sadar mengalami beberapa kerusakan sedangkan pertumbuhan laju lalu lintas selalu meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu diperlukan adanya perencanaan lapis tambahan untuk memperbaiki kerusakan. Hasil perhitungan perencanaan untuk tebal lapis tambahan berupa LASTON ialah setebal 5 cm.
A road is one of land transportation facilities and has important thing in transportation. A good road makes people doing social economy activities easily. The purpose of this analysis is knowing damage at Usman Sadar street and counting planning overlay for 20 years onwords. The method is used for this planning in method of Bina Marga 1987. Datas are used for this planning take Average Daily Traffict Volume (ADT) from Department of Tranportation, datas of California Bearing Ratio (CBR) and existing pavement from Department of Bina Marga, date of rainfall take website of BPS Gresik regency, and road observation directly to know the damage of road. Based on the datas above, Usman Sadar Street has some damages meanwhile traffic keeps going up every year. Thus, planning add layer be required to repair damaged road. The result of calculation planning of add layer is LASTON in 5 cm thickness.