PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY "SATWA LIAR" BAGI SISWA AUTIS UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU TANTRUM
DEVELOPMENT OF VIRTUAL REALITY "WILDLIFE" FOR AUTHENTIC STUDENTS TO MINIMIZE TANTRUM BEHAVIOR
Penelitian ini dilatarbelakangi tidak adanya pengalih perhatian bagi siswa autis pada saat perilaku tantrum itu muncul. Pengalih perhatian merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menangani perilaku tantrum. Salah satunya penggunaan Virtual Reality “Satwa Liar”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dari segi produk dan materi dalam meminimalisir perilaku tantrum.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Dari kelima tahapan model pengembangan ADDIE, hanya ada empat tahapan yang diterapkan yaitu analysis, design, development, dan evaluation Data hasil uji kelayakan yang diperoleh dari ahli materi berada pada kategori 4.51 – 5.00 “Sangat Baik”, ahli media dikategori penilaian 3.50 – 4.50 “Baik” dan dari pengguna menunjukkan eskpresi ketertarikan terhadap virtual reality “satwa liar”. Dapat disimpulkan bawa pengembangan virtual reality “satwa liar” bagi siswa autis untuk meminimalisir perilaku tantrum bisa dijadikan salah satu bentuk pengalih perhatian menurut ahli materi, media dan pengguna
This research was motivated by the absence of distractions for autistic students when the tantrum behavior appeared. Distraction is one way that can be done in dealing with tantrum behavior. One of them is the use of Virtual Reality "Wildlife". This study aims to test the product and material validity in minimizing tantrum behavior.
This development research uses the ADDIE model which includes stages (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Of the five stages of the ADDIE development model, there are only four stages applied, namely analysis, design, development, and evaluation. The due diligence data obtained from material experts are in the category 4.51 - 5.00 "Very Good", media experts are in the category of assessment 3.50 - 4.50 " Both ”and from users expressed interest in virtual reality“ wildlife ”. It can be concluded that the development of virtual reality "wildlife" for autistic students to minimize tantrum behavior can be used as a form of distraction according to material experts, media and users