Pandangan Guru-guru dalam Mengajar Kemampuan Menyimak di Sekolah Menengah Atas
Teachers' Perception on Teaching Listening in Senior High School
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan, seperti komunikasi sehari-hari, bisnis, dan pendidikan. Pemerintah Indonesia memiliki sistem pendidikan yang mewajibkan siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Meskipun kemampuan mendengar yang merupakan salah satu kemampuan yang memerlukan pemahaman lebih, mendengarkan menjadi kemampuan yang kurang diperhatikan dan jarang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang pendapat guru-guru bahasa Inggris terkait pengajaran mendengar di sekolah menengah atas, dan menyajikan pengalaman-pengalaman guru dalam mengajar kemampuan mendengar. Koresponden dari penelitian ini adalah 10 guru bahasa Inggris yang mengajar sekolah menengah yang ada di wilayah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris di Kediri memiliki pendapat yang positif tentang pengajaran mendengar, hal ini dikarenakan kemampuan mendengar diujikan dan terdapat dalam kompetensi dasar. Walaupun demikian beberapa guru masih menemui kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran yang sesuai.
English has become a world language or a global lingua franca that is the world's most used language in communication, business, and education. Indonesian government has an education system that requires the students to master English. However, listening skill, which is one of the receptive skills in learning a language, becomes ignored and is rarely taught by the teacher. Thus, this study is conducted to investigate teachers' perception on teaching listening in senior high school and present the experience of the teachers. The subjects of this study were ten teachers who teach English in the senior high school of Kediri. In this study, qualitative research is used to analyze the data from an open-ended questionnaire. The results revealed that senior high school teachers in Kediri believed that listening skills is important on teaching since it is tested and based on basic competence. However, some teachers have difficulties finding the material for teaching listening.