OPTIMALISASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS MASTERWEB (STUDI KASUS DI SMK N 6 MALANG)
OPTIMISING LEARNING MANAGEMENT
MASTERWEB-BASED
(CASE STUDY AT SMK N 6 MALANG)
Zulfi Endi Dwi Rohman. 2024. Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Masterweb. Tesis, Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. dan (II) Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Masterweb, Sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang optimalisasi manajemen pembelajaran berbasis masterweb. Komponen optimalisasi manajemen pembelajaran ditinjau dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan dampak manajemen pembelajaran berbasis masterweb. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian terkait manajemen pembelajaran berbasis masterweb menunjukkan bahwa (1) Persiapan aspek manajemen pembelajaran yang dibutuhkan guru adalah yang pertama guru harus familiarisasi dengan teknologi, kedua guru harus persiapan konten manajemen pembelajaran, dan ketiga guru harus mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Sedangkan aspek persiapan sarana dan prasarana pada manajemen pembelajaran berbasis masterweb adalah pertama sarana penunjang kegiatan kurikulum, kedua sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler, dan ketiga fasilitas teknologi. Kemudian aspek persiapan kurikulum pada manajmenen pembelajaran berbasis masterweb adalah pertama mengidentifikasi tujuan dan sasaran, kedua mengembangkan kurikulum, dan ketiga mengembangkan modul, (2) Pelaksanaan iv manajemen pembelajaran berbasis masterweb adalah pertama sistem pengelolaan aktivitas siswa secara online, kedua sistem pengelolaan aktivitas guru secara online, dan ketiga sistem pengelolaan aktivitas staf secara online. Sedangkan penerapan masterweb yang dapat memaksimalkan tujuan pembelajaran jika pertama mengoptimalkan konten pembelajaran, kedua meningkatkan interkasi, dan ketiga meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kemudian langkah yang dilakukan dalam integrasi masterweb pada pembelajaran adalah pertama integrasi pengaturan kelas, kedua integrasi penjadwalan dan pengunggahan materi, ketiga integrasi interaksi dengan siswa, keempat penilaian, dan kelima integrasi monitoring dan evaluasi, (3) Evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis masterweb terdiri dari beberapa tahapan yang pertama evaluasi konteks, kedua evaluasi input, ketiga evaluasi prosesdan keempat evaluasi hasil. Sedangkan faktor pendukung internal dan eksternal pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis masterweb yaitu faktor internal pertama adalah budaya organisasi yang baik dan sumberdaya manusia yang memadai. Sedangkan faktor pendukung eksternal pertama adalah sarana dan prasarana yang memadai dan terdapat dukungan teknis, dan (4) Dampak manajemen pembelajaran berbasis masterweb adalah pertama efisiensi dan efektivitas, kedua kemudahan akses informasi, ketiga peningkatan kualitas pendidikan, keempat transparansi dan akuntabilitas, dan kelima pengembangan sumber daya manusia
Zulfi Endi Dwi Rohman. 2024. Optimisation of Masterweb-based Learning Management. Thesis, Master of Education Management Study Programme, Faculty of Education, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. and (II) Dr Karwanto, S.Ag., M.Pd. Keywords: Learning Management, Masterweb, School This study aims to describe and analyse data about the optimisation of masterweb-based learning management. The components of learning management optimisation are viewed from preparation, implementation, evaluation, and the impact of masterweb-based school learning management. This research uses a qualitative approach with a case study research design. Data collection used participatory observation techniques, in-depth interviews, and documentation studies. The results of research related to masterweb-based learning management show that (1) The preparation aspects of learning management needed by teachers are first, teachers must be familiar with technology, second, teachers must prepare learning management content, and third, teachers must have good communication skills. Meanwhile, the preparation aspects of facilities and infrastructure in masterweb-based learning management are firstly facilities to support curriculum activities, secondly facilities and infrastructure for extracurricular activities, and thirdly technology facilities. Then the aspects of curriculum preparation in masterweb-based learning management are first identifying goals and objectives, second developing curriculum, and third developing modules, (2) Implementation of masterweb-based learning management is first an online student activity management system, second an online teacher activity management system, and third an online staff activity management system. Meanwhile, the application of masterweb that can maximise vi learning objectives if it first optimises learning content, second improves interaction, and third improves learning effectiveness. Then the steps taken in masterweb integration in learning are first integration of class settings, second integration of scheduling and uploading materials, third integration of interaction with students, fourth assessment, and fifth integration of monitoring and evaluation, (3) Evaluation of the implementation of masterweb-based management consists of several stages, the first is context evaluation, the second is input evaluation, the third is process evaluation and the fourth is result evaluation. While the internal and external supporting factors for the implementation of masterweb-based learning management are the first internal factor is a good organisational culture and adequate human resources. While the first external supporting factor is adequate facilities and infrastructure and there is technical support, and (4) The impact of masterweb-based learning management is first efficiency and effectiveness, second ease of access to information, third improvement in the quality of education, fourth transparency and accountability, and fifth human resource development.