IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING TO IMPROVE STUDENTS CRITICAL THINKING SKILLS
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan guided inquiry learning, (2) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan guided inquiry learning, (3) respons siswa setelah mengikuti guided inquiry learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Hasil tes dianalisis menggunakan uji t-berpasangan, uji effect size, dan n-gain. Hasil paired sample t- test menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar < 0,001. Nilai tersebut < dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua tes yang telah dilakukan.Hasil n-gain sebesar 0,8 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hal ini juga didukung hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II memiliki modus 1 dengan arti seluruh kegiatan terlaksana. Proses pembelajaran menggunakan model guided inquiry learning juga direspons sangat baik oleh siswa hasil keseluruhan pernyataan respons yang mendapatkan modus sangat setuju (skor 4). Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran pembelajaran yang diterapkan mendapat respons yang positif dari siswa dan berkategori sangat baik.
Kata Kunci: Implementasi, Guided Inquiry Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
This study aims to describe (1) the improvement of students critical thinking skills by applying guided inquiry learning, (2) the implementation of learning by using guided inquiry learning, (3) students responses after following guided inquiry learning. The type of research used is pre-experimental with a one group pretest posttest design. The data collection methods used in this study were observation, test, and questionnaire. The test results were analyzed using paired sample t-test, effect size test, and n-gain. The paired sample t- test results showed Sig. (2-tailed) of <0.001. This value is <0.05, so it can be concluded that there is a significant difference between the two tests that have been carried out. The n-gain result is 0.8 with high improvement criteria. This is also supported by the results of the implementation of learning meetings I and II have mode 1 with the meaning that all activities are carried out. The learning process using the guided inquiry learning model was also responded very well by students as a result of the overall response statement which got a mode of strongly agreeing (score 4). This can be interpreted that the applied learning learning gets a positive response from students and is categorized as very good.
Keywords: Implementation, Guided Inquiry Learning, Critical Thinking Skills