Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Mata Pelajaran Ekonomi
Development of HOTS-based Assessment Instruments in Economic Subjects
Pengembangan kemampuan berpikir tingat tinggi pada peserta didik sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di abad 21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses instrumen penilaian, kualitas instrumen penilaian, dan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diketahui dari hasil pengerjaan instrumen penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sooko yang berjumlah 141 peserta didik. Jenis penelitian ini mengunakan motode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) serta menggunakan model yang diadopsi dari Sugiyono dimana terdapat 7 dari 10 langkah yang digunakan, diantaranya menemukan Potensi dan Masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, mengujicobakan produk, dan merevisi produk. Hasil uji validitas butir soal menghasilkan 19 butir soal valid dan 1 butir soal tidak valid yang dibuktikan dengan melihat r hitung > r tabel. R tabel dari 134 responden dan 20 soal berjumlah 0,1427. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa total skor rata-rata sebesar 0,425 masuk dalam kategori “cukup” (reliabel) karena pada intgerval 0,400 - 0,599. Analisis tingkat kesulitan menunjukkan bahwa total skor rata-rata sebesar 0,269 masuk kategori “sukar” karena berada interval 0,21-30. skor rata-rata analisis daya pembeda adalah 0,268 dengan kategori”cukup” karena pada interval 0,20
Kata Kunci: Instrumen Penilaian; Pilihan Ganda; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Ekonomi
The development of higher order thinking skills in students is needed to improve the quality of education in the 21st century. This study aims to determine the process and the quality of the assessment instruments, and to determine the students' high-level thinking skills which are known from the results of working on HOTS-based assessment instruments on economic subjects. The subjects in this study were the 11th grade of IPS class at State Senior High School 1 of Sooko, totaling 141 students. This type of research uses research and development (R&D) methods and uses a model adopted from Sugiyono where there are 7 out of 10 steps being used, including finding Potentials and Problems, collecting informations, designing products, validating designs, revising designs, testing products, and revising products. The results of the item validity test resulted in 19 valid items and 1 invalid item as evidenced by looking at r count> r table. R table of 134 respondents and 20 questions totaled 0.1427. The reliability test shows that the total average score of 0.425 is in the "sufficient" category (reliable) because at the interval 0.400 - 0.599. Analysis of the level of difficulty shows that the total average score of 0.269 is in the "difficult" category because it is in the 0.21-30 interval. The average score of the analysis of distinguishing power was 0.268 with the "sufficient" category because at the interval 0.20 Keywords: Assessment Instruments; Multiple choice; Higher Order Thinking Skills; Economy
Keywords: Assessment Instruments; Multiple choice; Higher Order Thinking Skills; Economy