Pengembangan e-Modul Membuat Minuman Campuran Berbasis Microsoft Teams di SMK Kuliner
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan; 1) hasil pengembangan e-modul berbasis microsoft teams yang berisi tentang minuman campuran, 2) kelayakan materi e-modul minuman campuran, 3) kelayakan media e-modul minuman campuran, 4) respon siswa terhadap e-modul sebagai bahan ajar tentang minuman campuran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitan dan Pengembangan (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu; 1) pendefinisian (define), 2)perancangan(design), 3)pengembangan(development), dan 4)penyebaran(disseminate).
Subjek penelitian ini adalah siswa fase F kuliner 1di SMKK Mater Amabilis Surabaya, dengan jumlah total siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah e-modul yang dapat diakses dimana saja secara online. E-modul ini telah dinyatakan layak untuk digunakan. Ini didasarkan pada penilaian kelayakan ahli materi dengan skor 3,56 dan validator ahli media sebesar 3,11. Selain itu, e-modul ini juga menerima respon positif dari siswa dengan skor 3,64. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa e-modul minuman campuran berbasis microsoft teams ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : 4D models,microsoft teams, e-modul, minuman campuran