Pada kurikulum 2013 terdapat materi yang berkaitan dengan menulis, satu di antaranya menulis teks laporan hasil observasi. Keterampilan menulis peserta didik masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan ide menulis dan semangat belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, keefektifan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini termasuk jenis true experimental design atau penelitian yang sebenar-benarnya. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni observasi, tes (pretes dan postes), dan angket respons. Berdasarkan hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik di kelas eksperimen, diketahui bahwa hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran di kelas eksperimen memiliki rata-rata 92,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik di kelas eksperimen berjalan dengan lancar dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X-AKL SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sebelum mendapatkan perlakuan masih rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil pretes peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Rata-rata nilai pretes peserta didik kelas kontrol yaitu 72,61 dan rata-rata nilai pretes peserta didik kelas eksperimen yaitu 72,2. Hasil postes untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas X-AKL SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sesudah mendapat perlakuan. Hasil postes kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata postes kelas kontrol yaitu 78,73 dan sebanyak 34 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM. Hasil tersebut menunjukkan sedikit peningkatan dari hasil pretes. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen yaitu 84,38 dan peserta didik yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 34. Hasil tersebut mengalami peningkatan yang sigifikan dari hasil pretes. Hasil perhitungan uji t diperoleh to = 5,567 dengan d.b. = 66. Hal tersebut menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu to = 5,567 > 1,996. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran efektif dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X-AKL3 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Hal itu juga terbukti dari lembar angket yang diberikan pada peserta didik. Hasil analisis lembar angket respons peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran pada keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Pada lembar angket diketahui terdapat sepuluh pernyataan, seluruh pernyataan dari sepuluh pernyataan yang diberikan pada peserta didik masuk dalam kualifikasi “sangat baik”.
Kata Kunci : Facebook, menulis, teks laporan hasil observasi
In the 2013 curriculum there was material related to writing, one of them was writing an observation report text. Student writing skills are still under The Minimum Completion Criterion (KKM). This is due to the idea of writing and the learning spirit of students are still low. This study aims are to describe the process of using facebook as a learning media for observational reports text writing, the effectivity of Facebook as a learning media for text writing on observational reports, and the responses from students to learn by using facebook as a learning media to write oobservation reports text. This type of research is experimental research with quantitative descriptive methods. This study included the type of true experimental design. This research uses three data collection techniques namely observation, tests (pretest and posttest), and response questionnaires. Based on observations of the activities of educators and students in the experimental class, it is known that the results of observations of the activities of educators and students in learning to write the text of the observation report using Facebook as a learning medium in the experimental class have an average of 92.5%. This shows that the activities of educators and students in the experimental class run smoothly and systematically.
The results of this study is showed by the ability to write observation report text of X-AKL students at SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, before getting treatment it was still low. This is evident from the results of the pretest from control class and experimental class students who did not meet The Minimum Completion Criteria (KKM), that is 75. The average score of the control class students was 72.61 and the average pretest value of the experimental class students was 72 , 2. Posttest results is used to know the ability to write report text on the results of X-AKL observation at SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto after being treated. The posttest results of the control class and experimental class were increased. It can be seen from the post-test average of the control class, which is 78.73 and 34 students get scores above the KKM. These results showed a slight increase from the pretest results. The average posttest value of the experimental class was 84.38 and students whose values met KKM were 34. These results experienced a significant increase from the pretest results. The results of the t test calculation are obtained to = 5.567 with d.b. = 66. This shows that the t count is greater than t table, namely to = 5.567 > 1.996. Based on the results of these calculations, it can be seen that the use of Facebook as an effective learning media in writing an observation report text in X-AKL3 students of SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. This is also an evident from the questionnaire sheets given to students. The results of the analysis of the questionnaire responses of students showed that students gave a positive response to learn by using facebook as a learning media in writing an observation report text skill. On the questionnaire sheet it was found that there were ten statements, all statements from the ten statements given to students were included in the "very good" qualifications.
Keywords: Facebook, Writing, Observation Report Text