PENERAPAN PERMAINAN ROUNDERS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 63 SURABAYA
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan adalah pendidikan jasmani yang diberikan disetiap jenjang pendidikan dan dapat digunakan sebagai alat untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dan kebugaran individu siswa. Rounders termasuk pada materi permaian kecil yang diajarkan di dalam pendidikan jasmani salah satunya adalah Rounders. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Rounders untuk meningkatkan motivasi siswa dan besarnya pengaruh penerapan permainan Rounders dalam pembelajaran PJOK di SMPN 63 Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas VII B dengan jumlah 29 siswa danVII C dengan siswa 27 siswa, keseluruhan berjumlah 56 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Randomized Control Group. Analisis data yang diambil saat penelitian memenuhi persyaratan hasil uji t (paired samples t-test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai yang signifikan. Peneliti menganalisis data Pre-test dan Post-test dengan menggunakan angket motivasi. Hasil analisi data dari kelompok eksperimen yaitu Pre-test 83,86 dan Post-test 94,61 maka ada peningkatan motivasi siswa sebesar 10,75%. Kemudian pada kelompok kontrol yaitu Pre-test 81,79. dan Post-test 69,27 maka ada penurunan motivasi siswa sebesar 12,52%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil tes kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.
Kata Kunci : Motivasi, Rounders
Physical Education, Sports and Health is physical education provided at every level of education and can be used as a tool to maintain and improve the abilities and fitness of individual students. Rounders is included in the small game material taught in physical education, one of which is Rounders. This study aims to determine the effect of the Rounders game to increase student motivation and the magnitude of the effect of the application of the Rounders game in PJOK learning at SMPN 63 Surabaya. This study used a sample of class VII B students with a total of 29 students and VII C with 27 students, a total of 56 students. This type of research is a pure experiment with a Pretest-Posttest Randomized Control Group experimental design. Analysis of data taken during the study met the requirements of the t-test results (paired samples t-test) between the experimental class and the control class showing a significant value. The researcher analyzed the Pre-test and Post-test data using a motivation questionnaire. The results of the data analysis from the experimental group were Pre-test 83.86 and Post-test 94.61, so there was an increase in student motivation of 10.75%. Then in the control group, namely Pre-test 81.79. and Post-test 69.27, there was a decrease in student motivation of 12.52%. So it can be concluded that the test results of the experimental group were better than the control group.
Keywords : Motivation, Rounders