ABSTRAK
Nur Anisah, NIM 17070855058 Pengaruh Media Dukungan
Visual Terhadap Pengembangan Bahasa Ekspresif dan
Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak – Kanak Inklusi Kecamatan
Sidoarjo. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana
Universitas Negri Surabaya. Pembimbing I :
Dr. Budi Purwoko, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd.
Kata
Kunci: media dukungan visual, bahasa ekpresif,
berpikir logis
Tujuan
penelitian untuk (1) menguji pengaruh media dukungan visual terhadap kemampuan berbahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK
Inklusi Kecamatan Sidoarjo ; (2) menguji
pengaruh media dukungan visual terhadap kemampuan
berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun di taman kanak – kanak inklusi Kecamatan Sidoarjo ; (3) menguji
pengaruh media dukungan visual terhadap kemampuan berbahasa ekspresif dan
berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Inklusi Kecamatan Sidoarjo Jenis
dan rancangan penelitian kuantitatif dengan quasi
eksperimen design jenis non-equivalen control group.
Sampel
yang digunakan dalam penelitian adalah TK DITI SCHOOL kelas A1 ada 15 siswa dan
kelas A2 ada 10 siswa sebagai kelas experiment; dan TK BATIK kelas A1 15 siswa
dan kelas A2 10 siswa sebagai kelas control. Tehnik pengumpulan data
menggunakan tes dan observasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis
varians (ANOVA) dan MANOVA.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan uji Anova (Analysis of Varians) yang menghasilkan nilai sig = 0,039 yang jauh
di bawah 0,05. Maka 0,039 < 0,05 sehingga hipotesis media dukungan visual
terhadap pengembahangan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK Inklusi
Kecamatan Sidoarjo dapat di terima. (2) berdasarkan uji one way Anova (Analysis of
Varians) yang menghasilkan nilai sig = 0,038 yang jauh di bawah 0,05. Maka
0,038 < 0,05 sehingga hipotesis media dukungan visual terhadap kemampuan
berfikir logis anak usia 4-5 tahun di TK
Inklusi Kecamatan Sidoarjo dapat di terima.
(3) berdasarkan uji Manova (Multivariate
Analysis of Varians) yang menghasilkan nilai sig = 0,004 yang jauh di bawah
0,05. Maka 0,004 < 0,05 sehingga hipotesis media dukungan visual terhadap
pengembangan bahasa ekspresif dan kemampuan berfikir logis anak pada usia 4-5
tahun anak TK Inklusi Kecamatan Sidoarjo dapat diterima.
Berdasarkan hasil penelitian
di atas, maka dapat disimpulkan : (1) media dukungan visual berpengaruh secara
signifikan terhadap pengembangan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK
Inklusi Kecamatan Sidoarjo, (2) media dukungan visual berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan berfikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Inklusi
Kecamatan Sidoarjo, (3) media dukungan visual berpengaruh secara signifikan
terhadap pengembangan bahasa ekspresif dan kemampuan berfikir logis anak usia
4-5 tahun di TK Inklusi Kecamatan Sidoarjo.