Tujuan
penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media Video
Pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan siswa
pada mata pelajara n PKK materi
peluang usaha video iklan produk kelas
X I TAV
di SMK N egeri 7 Surabaya.
Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya, analisis
(analyze), desain (design),pengembangan (Development) ,Implementasi
(Impelmentation) dan evaluasi (evaluation) .Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes keterampilan . . Sedangkan
teknik analisis data angket kelayakan media
menggunakan skala gutman
dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test .
Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest
one group design dengan sasaran
penelitian yaitu peserta didik kelas X I TAV SMK Negeri
7 Surabaya sejumlah 3 7 peserta didik.
Hasil
uji validasi ahli materi sebesar 100 %,
uji validasi ahli media sebesar 100 %, sedangkan hasil uji coba individu sebesar 100 %, uji coba kelompok kecil 100 %, uji coba kelompok besar 100 %. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam
kategori baik tanpa revisi
dengan rentang nilai 50 %-100%, sehingga dapat
dinyatakan bahwa pengembangan media
video pembelajaran materi peluang usaha video iklan produk layak
digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil analisis
data pretest-posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan t hitung = 41.334 > t tabel = 1.68830 , sedangkan pada perhitungan
rerata tes, diperoleh nilai
rerata posttest yaitu 85,14
lebih tinggi dari rerata pretest peserta didik yaitu 43,24 . Maka artinya terdapat
perbedaan dan peningkatan pemahaman yang signifikan pada peserta didik sebelum dan setelah diberikan
video pembelajaran
materi peluang usaha video iklan produk . Kesimpulannya adalah video pembelajaran materi peluang usaha video iklan
produk layak
digunakan pada mata pelajaran PKK dan efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada
mata pelajaran PKK kelas X I TAV di SMK Negeri 7 Surabaya.
Kata Kunci
: Pengembangan, Video Pembelajaran , Peluang
Usaha Video Iklan Produk, TAV , ADDI E.