PENGARUH PEMANFAATAN AKTIFASI “POJOK TOGA” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN BENOWO 1 SURABAYA
THE INFLUENCE OF "TOGA CORNER" ACTIVATION FOR IMPROVING LEARNING OUTCOMES AND ENVIRONMENTAL CARE FOR FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN BENOWO 1 SURABAYA
ABSTRAK
Nama : Devi Falamila Putri Anggraeni
NIM : 16010644010
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Suryanti, M.Pd.
Salah satu inovasi dalam pembelajaran IPA yang dapat menerapkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sesuai dengan program adiwiyata yaitu melalui pemanfaatan Aktifasi “Pojok Toga”. Aktifasi “Pojok Toga” merupakan pendayagunaan lahan kosong di sekolah untuk ditanami tanaman TOGA sebagai bentuk upaya pelestarian di lingkungan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan peduli lingkungan siswa kelas IV SN Benowo 1 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap suatu perlakuan yang telah diberikan. Desain yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk non equivalent control group design. Teknik penggunaan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Teknik tes dengan pretest dan posttest, sedangkan non tes dengan angket. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan jika pemanfaatan Aktifasi pojok toga mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa. Hal tersebut didasarkan pada nilai rata-rata pretest yang diperoleh kelas kontrol yaitu 64,8 dan kelas eksperimen yaitu 68,6 , dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 74,6 dan kelas eksperimen yaitu 86,8 . Hasi uji N-Gain diketahui jika pada kelas kontrol menunjukkan 0,28 dalam kategori rendah, sedangkan kelas eksperimen memperoleh 0,55 dalam kategori sedang. Hal tersebut diperkuat oleh hasil uji t-test diperoleh nilai sign (2-tailed) sebesar 0,00˂ 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menerapkan Aktifasi “Pojok Toga” dan pembelajaran yang konvensional . Hasil angket peduli lingkungan yang diperoleh mengalami peningkatan dari sebelum pembelajaran sebesar 55,7% dan sesudah pembelajaran sebesar 85,7% sehingga diperoleh peningkatan sebesar 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pemanfaatan Aktifasi”Pojok Toga” terhadap peningkatan hasil belajar dan peduli lingkungan siswa kels IV SDN Benowo 1 Surabaya. Dengan demikian pemanfaatan Aktifasi “Pojok Toga” dapat dijadikan sebagai alternatif penggunaan media pembelajaran untuk dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Kata Kunci : Pengaruh, Aktifasi “Pojok Toga”, Hasil Belajar, Peduli Lingkungan
ABSTRACT
Name : Devi Falamila Putri Anggraeni
Program : S1
Departement : Elementary Teacher Education
University : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Suryanti,M.Pd.
One of the innovations in science learning that can implement the school environment as a learning resource that suitable with the adiwiyata program is through the use of "Toga Corner" Activation. "Toga Corner" activation is the utilization of empty space in schools to be planted with TOGA plants as a form of conservation in the school environment. The purpose of this research is to find out the improvement of learning outcomes and environmental care for fourth grade students SDN Benowo 1 Surabaya.
This research is an experimental research that aims to know the effect of a giving treatment. This research used quasi Experimental Design with non equivalent control group design. The technique of using samples in this research is purposive sampling. Data collection techniques used test and non-test. Test technique with pretest and posttest, while non-test with questionnaire. All data collected was analyzed using quantitative analysis techniques.
The results of this research showed that the use of toga corner activation was able to improve student learning outcomes and environmental care attitudes. This is based on the average value of the pretest obtained by the control class at 64.8 and the experimental class at 68,6, and the posttest average score of the control class at 74,6 and the experimental class at 86.8. The results of the N-Gain test are known if the control class shows 0,28 in the low category, while the experimental class obtains 0,55 in the medium category. This is reinforced by the results of the t-test obtained by the sign value (2-tailed) of 0,00˂0,05 so that it is known there are differences in student learning outcomes with learning that applies the "Toga Corner" and conventional learning. The results of environmental care questionnaire obtained increased from before learning by 55,7% and after learning by 85,7% so that an increase of 30% was obtained. Thus it can be concluded that there is an influence from the use of "Toga Corner" Activation on the improvement of learning outcomes and environmental care for fourth grade students of SDN Benowo 1 Surabaya. Thus the use of "Toga Corner" activation can be used as an alternative use of learning media to be able to create an atmosphere of active and fun learning.
Keywords : Influence, "Toga Corner" Activation, Learning Outcomes, Enviromental Care