PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL: AN EFFORT IN UPGRADING STUDENTS' PROBLEM-SOLVING SKILLS
Pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan salah satu dari berbagai model pembelajaran yang efektif digunakan oleh seorang guru dalam mengajar fisika. Dalam model PBL, siswa didorong untuk bertanya dan menjawab pertanyaan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model PBL dengan metode hybrid dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 17 Surabaya yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dalam pembelajaran hybrid (offline dan online) dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes berupa pre-test dan post-test. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai n-gain yang diperoleh sebesar 0,31 (kategori sedang). Hasil uji t berpasangan yang diperoleh memiliki nilai sig. (2-tailed) dari 0,000, yang lebih kecil dari sig. 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model PBL cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Problem-based learning (PBL) is one of the various effective learning models used by a teacher in teaching physics. In the PBL model, students are encouraged to ask and answer questions to improve their problem-solving skills. This study aims to analyze whether the PBL model with the hybrid method can improve students' problem-solving abilities in learning physics. This research is pre- experimental research. The research sample is class X MIPA 1 at SMAN 17 Surabaya, taken by using the purposive sampling technique. The research was conducted in a hybrid learning (offline and online) using a one-group pretest-posttest design. Data were collected through observation and tests in the form of pre-test and post-test. The data were then analyzed using quantitative descriptive methods. The results showed that the n-gain value obtained was 0.31 (medium category). The paired t-test results obtained have a sig value. (2-tails) of 0.000, which is smaller than sig. 0.05. Based on these results, it can be concluded that learning physics with the PBL model is quite effective in improving students' problem- solving abilities.