NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
NUMERATION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) QUESTIONS REVIEWED BASED ON MATHEMATICAL ABILITIES
Numerasi merupakan kemampuan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika dalam pemikiran untuk mengatasi berbagai masalah sehari-hari dalam beragam konteks yang relevan. Numerasi dibutuhkan sebagai fokus pembelajaran mulai dari jenjang pendidikan dasar. Penguasaan numerasi dibutuhkan agar siswa dapat memahami dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari masing-masing satu subjek dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan matematika, tes numerasi, dan wawancara. Teknik analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat mengidentifikasi, mengakses, dan mengembangkan strategi matematika secara tepat, menggunakan notasi dan perhitungan dengan benar, serta menginterpretasikan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan hasil secara tepat. Siswa dengan kemampuan matematika sedang, tepat dalam mengidentifikasi dan mengakses informasi tetapi kurang rinci, menyusun strategi dan memodelkan kurang tepat dalam notasi dan perhitungan, serta menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil dengan tepat, namun kurang tepat dalam mengevaluasi. Siswa dengan kemampuan matematika rendah, kurang rinci dalam mengidentifikasi dan menjelaskan informasi, menggunakan strategi mencoba-coba dengan kurang tepat, salah konsep dalam perhitungan, serta kesulitan dalam menginterpretasikan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan hasil.
Numeracy is the ability to use mathematical concepts, procedures, facts and tools in thinking to solve various everyday problems in a variety of relevant contexts. Numeracy is needed as a focus of learning starting from the basic education level. Mastery of numeracy is needed so that students can understand and solve problems in life. This research aims to describe junior high school students' numeracy in solving AKM questions based on high, medium and low mathematical abilities. This research is descriptive in nature with a qualitative approach. The research subjects consisted of one subject each with high, medium and low mathematical abilities. Data collection techniques include mathematics ability tests, numeracy tests, and interviews. Data analysis techniques include data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that students with high mathematical abilities can identify, access, and develop mathematical strategies appropriately, use notation and calculations correctly, and interpret, evaluate, and communicate results appropriately. Students with moderate mathematical abilities are precise in identifying and accessing information but lack detail, strategizing and modeling are less precise in notation and calculations, and conclude and communicate results correctly, but less precise in evaluating. Students with low mathematical abilities are less detailed in identifying and explaining information, use trial and error strategies incorrectly, have misconceptions in calculations, and have difficulty interpreting, evaluating and communicating results.