Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Gedangan Sidoarjo pada kelas VIII semester gasal tahun pelajaran 2019/2010 pada materi pola bilangan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain. Rancangan yang digunakan adalah control group pre-test-post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest-posttest). Hasil validasi perangkat pembelajaran meliputi RPP, LKPD, dan soal pretest-posttest yang digunakan. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian, persamaan regresi menunjukkan bahwa arah pengaruh variabel pendekatan PMRI terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution) bahwa nilai sig kurang dari α. Nilai α yang digunakan dalam penelitian yaitu 0,05. Nilai sig yang diperoleh yaitu 0,014.
Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan, bahwa 0,014 lebih dari 0,05 maka didapatkan hasil bahwa ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwas pendekatan PMRI memengaruhi hasil belajar siswa.
This study aims to determine whether learning with the PMRI approach can affect student learning outcomes in mathematics. This research was carried out at SMPN 2 Gedangan Sidoarjo in class VIII odd semester 2019/2010 school year on material number patterns. This type of research conducted in this study is quantitative research, that is research used to determine the effect of certain treatments on othersThe design used is the control group pre-test-post-test design. Data collection techniques include tests (pretest-posttest). The results of the validation of the learning kit include the lesson plan, LKPD, and the pretest-posttest questions used. Based on the calculation of research data, the experimental class and the control class each come from populations that are normally distributed. Then, the regression equation shows that the direction of the influence of the PMRI approach variable on student learning outcomes.
Based on calculations with SPSS (Statistical Product and Service Solution) that the value of sig less than α. The α value used in the study is 0.05. The sig value obtained is 0.014. Based on the guidelines for decision making, that 0.014 more than 0.05, the results show that there are differences between the control class and the experimental class. Thus it can be concluded that the PMRI approach influences student learning outcomes.