PEMBUATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK PEMIJATAN WAJAH DI SMK
MAKING OF LEARNING VIDEO MEDIA INTERACTIVE OF FACE MASSAGE TECHNIQUE IN VOCATIONAL SCHOOL
Teknik pemijatan wajah adalah salah satu materi yang.diperuntukkan untukksiswa SMK kelas X, biasanya materi ini diajarkan diawal semester gasal dan membutuhkan praktik setelah penjelasan materi. Diera Covid 19 ini, penggunaan media video pembelajaran merupakan media.yang efektif.untuk.mendukung tercapainya tujuan pembelajaran karena terbatasnya waktu untuk dilakukan pembelajaran tatap wajah oleh guru. Media.video pembelajaran merupakanbmediafyang berisi audio dan visual yang didalamnya memuat pesan-pesan pembelajaran untuk memudahkan peserta didik menjalankan proses pembelajaran menggunakan daring atau proses pembelajaran jarak jauh. Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat diperbaiki. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya terdapat pada daya tarik yang tinggi, kesesuaian jenis huruf, dan narasi yang mendukung video pembelajaran serta materi yang disajikan secara menarik yang telah mencakup keseluruhan materi massage wajah dengan prosentase 100% dari keseluruhan validator ahli serta prosentase 66,7% dengan taraf suka menyatakan background, font dan narasi yang digunakan telah sesui untuk mendukung kejelasan materi. Walaupun terdapat beberapa perbaikan di bagian pendahuluan, namun video pembelajaran interaktif ini sudah baik dan bisa digunakan seorang guru SMK untuk membantu melakuakn proses belajarssiswa.
Kata Kunci : Teknik pemijatan pada wajah, Media, Video pembelajaran
Face massage technique is one of the learning materials of the students Grade X in vocational school. This material usually teachs in the first semester and need practice after the teacher gives the material to the students. In Covid – 19 era the use of video as media in teaching and learning process is needed to reach the learning objective, caused the limited time in teaching and learning process directly. Learning video media is a media that contains audio and visuals which has learning messages to make students easier to carry out the learning process using online teaching learning process or the distance learning process. With several advantages and disadvantages that can be fixed. Some of these advantages are this video include high attractiveness, suitability of the use of font, and narration that supports the learning video and the material that is presented attractively which includes all facial massage material with the percentage of 100% of all expert validators and the percentage of 66.7% with a level “like” states the background, fonts and narration used are appropriate to support the clarity of the material. Although it has several refinements in the first opening video, but this video interactive learning is able to used for vocational school teacher to help teaching learning process to the students.
Keyword : Face technique massage, Media, Learning video media.