PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 KRIAN, SIDOARJO
THE EFFECT OF SELF EFFICACY CONCERN TO THE STUDENTSHISTORYCAL LITERATIONON ONLINE LEARNING IN THE CLASS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 KRIAN, SIDOARJO
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 17040284083
Program Study : S1 Pendidikan Sejarah
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Instansi : Universitas Negeri Surabay
Pembimbing : Dr. Agus Suprijono, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dan besar pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan literasi sejarah peserta didik pada pembelajaran daring. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Krian, Sidoarjo dengan sampel kelas XII IPS 1. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh antar variabel dan menggunakan desain penelitianPre-Experimental Desaign dengan One Shoot Case Study untuk mengetahui besar pengaruh antar variabel. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan literasi sejarah peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil uji regresi linier Y = 12,302 + 0,070 menunjukkan pengaruh yang dihasilkan bernilai positif. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment untuk mendapatkan hasil uji hipotesis dua dua pihak dengan membandingkan rhitung dan rtabel. Hasil penelitian menunjukkan rhitung 0,361 > rtabel 0,324 sehingga membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel. Rhitung yang bertanda positif dan berada pada daerah penerimaan Ha membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak. Hasil uji korelasi product moment memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,361 termasuk pada kategori rendah dengan signifikansi 0,033 < 0,05 sehingga koefisien tersebut signifikan. Hasil perhitungan memperoleh nilai yang rendah karena dipengaruhi oleh kemampuan peserta didik dan perbedaan pemahaman dalam menangkap maksud dari setiap item pertanyaan pada instrumen yang digunakan. Data yang diperoleh merupakan data asli dari penelitian sehingga bersifat alami dan acak serta tidak dapat di prediksi. Besar pengaruh antar variabel dilihat melalui nilai Rsquare pada tabel Summary menggunakan SPSS sebesar 0,130 atau 13% sedangkan 87% sisanya merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak di teleiti padam penelitian ini. Hasil tersebut mengandung arti bahwa efikasi diri memiliki pengaruh sebesar 13% terhadap kemampuan literasi sejarah peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Krian, Sidoarjo.
Kata kunci: efikasi diri, pembelajaran daring, kemampuan literasi sejarah
Name : Khoirun Nisa’
Study Program : S1 History Education
Faculty : Social Sciences and Law
Institution Name : Surabaya State University
Advisor : Dr. Agus Suprijono, M.Si
The purpose of this study was to examine the effect and magnitude of the effect of self-efficacy on students' literacy skills in the online learning. The research was conducted at SMA Negeri 1 Krian, Sidoarjo with a research sample of class XII IPS 1. This research was quantitative research with experimental methods to determine the effect between variables and using a pre-experimental design with a one shoot case study to determine the influence between variables. Simple linear regression tests and hypothesis tests were used as data analysis techniques. The results showed that there was an influence between self-efficacy on students' historical literacy skills. It was based on the linear regression test Y = 12,302 + 0,070 indicated the resulting effect was positive. Hypothesis testing was using the product-moment correlation test to get the results of two-party hypothesis testing by comparing rhitung and rtabel. The results showed rhitung 0.361 >rtabel 0.324, which showed that there was an influence between the two variables. rhitung which was positive and located in the area of acceptance of Hashowed that Ha is accepted and H0 is rejected. The results of the product-moment correlation test got a correlation coefficient value of 0.361 which was categorized as low with a significance of 0.033<0.05 thus that the coefficient was significant. The calculation results obtained a low value because it was influenced by the students ability and differences in understanding and in capturing the intent of each question item on the instrument used. the data that was obtained was the original data from the study so that it was natural and random and also unpredictable. The magnitude of the influence among the variables was seen through the value of r Square in the summary table using SPSS of 0.130 or 13% while the 87% of the remaining was influenced by the other factors which wasn't examined in this study. These results mean that self-efficacy has an effect of 13% on the historical literacy ability of students in class XII IPS 1 SMA Negeri 1 KrianSidoarjo
Keywords: Self-efficacy, online learning, historical literacy skills