ABSTRAK
Indrajayanti Ratnaningsih. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: 1) Prof. Dr. dr. Tjandrakirana, M.S., Sp. And. dan 2) Z. A. Imam Supardi, Ph.D.
Kata kunci: Guided inquiry, Berpikir kreatif
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Pembelajaran IPA berbasis Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan indera pendengaran dan sistem sonar dengan model pengembangan 4D untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dan diujicoba pada 32 siswa SMP dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: (1) Validitas perangkat kategori sangat valid (3,62); (2) Kepraktisan perangkat yang meliputi: a) Keterlaksanaan Pembelajaran kategori baik (3,6), b) Respon siswa positif (90%); (3) Keefektifan perangkat pembelajaran meliputi: a) Aktivitas siswa yang menonjol adalah melakukan percobaan/ pengamatan dengan kategori tinggi (23,4%), b) Hasil tes berpikir kreatif siswa meningkat (Kategori N-Gain : sedang-tinggi). Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak untuk pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP.
ABSTRACT
Indrajayanti Ratnaningsih. 2019. The Development of science learning materials based on Guided Inquiry learning model to Increase Creative Thinking Skill of Junior High School Students. Thesis. Science Education, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor: 1) Prof. Dr. dr. Tjandrakirana, M.S. Sp. And. and 2) Z. A. Imam Supardi, Ph.D.
Key word: Guided Inquiry, Creative thinking
Research was aimed to developed science learning materials with guided inquiry on subject matter sense of hearing and sonar system through 4D models to increase creative thinking skill of Junior High School and tested on 32 of junior high school’s students with one group pretest-postest design. Analyzed by descriptive quantitative-qualitative and the result are: (1) Validity of learning materials very valid category (3,62); (2) practicality based on: a) Feasibility of instruction good category (3,6), b) The response of students positively (90%); (3) Effectivness based on: a) Student’s activities who stand out were done more experiments with high category (23,4%), b) Student creative thinking skill achievement increase (N-Gain: intermediet-high category). Conclusion of this research was science learning materials which developed based on guided inquiry, feasible and can be used to increase student’s creative thinking ability.