Pada karya dengan judul Paradoks, penulis yang sekaligus menjadi koreografer mengangkat fenomena paradoks yang terjadi di tengah masyarakat yaitu masyarakat yang merubah kebiasaannya menjadi menunduk karena ketergantungan dengan gadget. Kebiasaan itu disebut dengan generasi menunduk. Paradoks merupakan penyataan yang seolah-olah bertentangan dengan pendapat umum atau kebenaran atau bersifat kontradiksi tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Fokus pada karya ini adalah paradoks tentang generasi menunduk yang nantinya akan divisualisasikan menjadi sesuatu yang baru dari bentuk penyajiannya dan dikemas dalam bentuk pertunjukan dance theater.
Hasil penciptaan relevan, terinspirasi dari karya Paradox koreografer Rizza Ahmad dan Mirna Arfianti.
Pendekatan pada karya tari Paradoks menggunakan metode kontruksi. Penafsiran koreografer terhadap paradoks yang terjadi di masyarakat tentang generasi menunduk, dianjutkan pada tahap proses kreatif, diantaranya ekplorasi, improvisasi, analisis, evaluasi dan finishing. Karya Paradoks menggunakan mode penyajian representatif dan simbolis menurut Ben Suharto yaitu pengungkapan mempresentasikan bentuk asli objek yang dijadikan ide.
Dari hasil karya ini dapat disimpulkan bahwa dari fokus yang terpilih, koreografer berharap untuk semua penikmat agar dapat belajar dari sebuah objek sederhana, dari hal kecil menjadi besar, dari yang susah menjadi mudah dan mengembangkan pemikiran serta penafsiran sesuatu yang berdasar pada ide gagasan yang menimbulkan sebuah kreatifitas dalam memaknai hal-hal dalam kehidupan.
In the work titled Paradox, the writer who is also a choreographer raises the paradoxical phenomenon that occurs in the community, that is, people who change their habits to bow down because of dependence on gadgets. This habit is called the generation of bowing. The paradox is a statement that seems to contradict public opinion or truth or is contradictory but in reality contains truth. The focus of this work is the paradox of the generation of bowing which will be visualized into something new from the form of presentation and packaged in the form of a dance theater performance.
The results of the creation are relevant, inspired by the work of Paradox choreographers Rizza Ahmad and Mirna Arfianti.
The approach to the Paradox dance works uses the construction method. The choreographer's interpretation of the paradox that occurs in society about the generation of bowing, continued at the stage of the creative process, including exploration, improvisation, analysis, evaluation and finishing. The work of the Paradox uses a representative and symbolic mode of presentation according to Ben Suharto, namely the disclosure of the original form of the object used as an idea.
From the results of this work it can be concluded that from the chosen focus, the choreographer hopes for all connoisseurs to be able to learn from a simple object, from small to large, from difficult to easy and develop thoughts and interpretations based on ideas that give rise to a creativity in interpreting things in life.